IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBIASAAN KEAGAMAAN DALAM MEMBENTUK PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SDN PEKARUNGAN SUKODONO SIDOARJO

Authors

  • Mochammad Miftakhul Afandi Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Muhammad Yusron Maulana El – Yunusi Universitas Sunan Giri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.37437

Keywords:

Religious habituation program, Character Education, Religious students

Abstract

Pendidikan karakter merupakan permasalahan di tempat-tempat pada dunia pendidikan. Pada dasarnya, dalam dunia pendidikan siswa-siswi memiliki akhlak yang kurang baik dapat dikatakan krisis moral. Tujuan dari penelitian ini adalah unttuk menerapkan pada program pembiasaan keagamaan di SD Negeri Pekarungan Sukodono Sidoarjo yang digunakan untuk membentuk pendidikan karakter religius siswa. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dimana untuk menentukan pelaksanaan program keagamaan yang telah dilakukan. Unsur-unsur yang membantu dan menghambat kinerja program, serta pengaruhnya terhadap perkembangan karakter religius terhadap siswa. Diharapkan pada temuan penelitian ini akan berkontribusi pada perbaikan program pembiasaan keaagamaan khusunya di tingkat sekolah dasar.

References

Afifah, A. N. (2021). Program studi pendidikan guru madrasah ibtidaiyah institut agama islam negeri.

Fahmi, M. N., & Susanto, S. (2018). Implementasi Pembiasaan Pendidikan Islam dalam

Membentuk Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar. 3833, 85–89.

Isnaini, A. N., Fauzi, A. A., Munir, M., Ikhwanuddin, El-Yunusi, M. Y. M., Arifin, S. V. A., &

Evendi, W. (2023). Peningkatan kebersihan tempat ibadah Baitun Ni’mah di Dusun Keben Desa Cangkringsari Kecamatan Sukodono. Economic Xenization Abdi Masyarakat, 1(1), 21–26.

Mayong, U., & Lamongan, K. (2022). Implementasi metode pembiasaan keagamaan dalam

membentuk karakter religius siswa kelas iii mi mambaul ulum mayong karangbinangun lamongan. 4, 46–53.

Nangimah, N., Ilmu, F., Dan, T., Islam, U., & Walisongo, N. (2018). Peran guru pai dalam

pendidikan karakter religius siswa sma n 1 semarang.

Sari, D. M., & Diprata, A. W. (2023). Pengaruh Implementasi Kegiatan keagamaan

(Pembinaan , Pembiasaan , Pendidikan ), Terhadap Peningkatan Semangat Ibadah Siswa. 4(2), 707–714.

Siswa, P., Smp, D. I., Wajak, I., & Malang, K. (2020). VICRATINA?: Jurnal Pendidikan Islam

Volume 5 Nomor 2 Tahun 2020 P-ISSN: 2087-0678X. 5.

Widodo, A., & El-Yunusi, M. Y. M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam

Pembelajaran Ilmu Pendidikan Islam Di Sekolah. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 15(2), 251–258. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v15i2.2358

Downloads

Published

2025-01-14

How to Cite

Afandi, M. M., & Yunusi, M. Y. M. E. –. (2025). IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBIASAAN KEAGAMAAN DALAM MEMBENTUK PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SDN PEKARUNGAN SUKODONO SIDOARJO. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 8(1), 1016–1021. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.37437

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.