PENGARUH PENGGUNAAN MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI 03 KOTO BALINGKA PASAMAN BARAT

Authors

  • Rahmatul Hayati Universitas Adzkia
  • Bismi Bismi Universitas Adzkia
  • Islamidar Islamidar Universitas Adzkia
  • Noviani Herdianti Universitas Adzkia
  • Septi Andriasari Universitas Adzkia
  • Yosmeri Zalianti Universitas Adzkia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29852

Keywords:

model inkuiri terbimbing, hasil belajar, matematika, sekolah dasar

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar matematika siswa, hal ini terlihat pada proses pembelajaran belum optimal dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V dengan sampel adalah sampel jenuh. Data yang diperoleh dengan tes akhir dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian dengan menggunakan uji normalitas dan homogenitas terhadap kedua data berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan uji-t menunjukkan thitung= 3,097 dan ttabel= 1.685 dengan df= 41 (n1 + n2 – 2 = 22+21-2=39) dan taraf signifikan 5%. Berdasarkan pengujian thitung > ttabel (3,097>1.685)  maka H0 ditolak dan  H1 diterima dengan kesimpulan menggunakan model inkuiri terbimbing memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V SDN 03 Koto Balingka Pasaman Barat tahun ajaran 2023/2024.

Downloads

Published

2024-06-21

How to Cite

Hayati, R., Bismi, B., Islamidar, I., Herdianti, N. ., Andriasari, S. ., & Zalianti, Y. . (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI 03 KOTO BALINGKA PASAMAN BARAT. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 8054–8060. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29852