PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI AI DAN LITERASI DIGITAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN PERKANTORAN DI SMKN 1 MEDAN

Authors

  • Khairunnisa Umi Al Mas Universitas Negeri Medan
  • Nur Ramadhani Universitas Negeri Medan
  • Siti Mardiah Universitas Negeri Medan
  • Dwi Atika Zahara Universitas Negeri Medan
  • Sabrina Erisa Aulia Universitas Negeri Medan
  • Andi Taufiq Umar Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29480

Keywords:

Penggunaan Teknologi AI, Literasi Digital, Minat Belajar, SMKN 1 Medan

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif asosiatif dengan pendekatan survei melalui penyebaran kuisioner berbasis google form untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknologi AI dan literasi digital terhadap minat belajar baik secara parsial maupun simultan di kelas XI jurusan Perkantoran SMKN 1 Medan. Populasi penelitian ini berjumlah 127 siswa dengan total sampel sebanyak 30 siswa yang dipilih secara simple random sampling dan purposive sampling. Teknik analisis data dilakukan secara komputasi menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dan analisis deskriptif. Hasil analisis inferensial memperlihatkan bahwa variabel penggunan AI memiliki nilai thitung = 0,346 < ttabel = 2,048 kemudian tingkat signifikan t sebesar (0,732 > 0,05) artinya tidak ada pengaruh penggunaan AI secara parsial terhadap minat belajar. Variabel Literasi memiliki nilai thitung 4,892 dan ttabel sebesar 2,048 (thitung > ttabel) . Kemudian  tingkat signifikan t sebesar (0,000 < 0,05). Hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan variabel Literasi Digital secara parsial terhadap minat belajar. Hasil uji F diketahui bahwa nilai Fhitung = 27,876 dan Ftabel = 3,37 (Fhitung > Ftabel). 

Downloads

Published

2024-06-20

How to Cite

Mas, K. U. A. ., Ramadhani, N. ., Mardiah, S. ., Zahara, D. A. ., Aulia, S. E. ., & Umar, A. T. . (2024). PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI AI DAN LITERASI DIGITAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN PERKANTORAN DI SMKN 1 MEDAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 7907–7913. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29480