PENGARUH BEBAN TUGAS PEMBELAJARAN TERHADAP MUNCULNYA STRES PADA MAHASISWA

Authors

  • Suminah Suminah STAB Nalanda
  • Leony Ciputri UPN Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29390

Keywords:

Tugas Pembelajaran, Stres, Pengaruh

Abstract

Proses pembelajaran merupakan proses yang harus dijalani oleh semua orang baik di sekolah maupun di lingkungan luar sekolah. Proses pembelajaran di lingkungan sekolah dan kampus akan dipenuhi oleh tugas-tugas akademik dan ujian akhir untuk penilaian yang diberikan oleh pengajar. Setiap tugas yang diberikan harus diselesaikan, bukan dianggap sebagai beban yang akan menimbulkan stres. Tugas-tugas akademik yang dilakukan sedikit demi sedikit akan selesai tepat pada waktunya. Sebaliknya tugas yang tidak diselesaikan akan mengakibatkan tugas menumpuk dan akan terasa berat hingga menimbulkan stres. Setiap tugas yang selesai akan mendapatkan apresiaisi yang baik dari pengajar, sehingga pengajar akan menganggap mahasiswa memberikan respon positif. Hubungan yang baik dapat dibina dengan diawali pembinaan komunikasi yang baik dan melakukan apa yang harus dilakukan oleh mahasiswa, menyelesaikan tugas tepat waktu tanpa mengulur batas pengumpulan tugas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mengkaji dari artikel, jurnal dan buku yang berkaitan dengan tugas pembelajaran dan hubungannya dengan stres pada mahasiswa.

References

Drajat Edy Kurniawan, dkk, (2022), Pengaruh Metode Pembelajaran Online Terhadap Stres Akademik Mahasiswa, Jurnal Konseling Gusjigang 8 (1): 23-24.

Femi Olivia, (2010), Mendampingi Anak Belajar, Gramedia, Jakarta.

Imanuddin Hasbi, et al, (2021), Perkembangan Peserta Didik, Widina Bhakti Persada Bandung, Bandung.

Kamria dan Rosihan Anwar, 2023, Harmoni Dalam Merdeka Belajar, Penerbit Feniks Muda Sejahtera, Sulawesi.

Karya Mustamir Pedak, (2008), Metode Supernol Menaklukkan Stres, Penerbit Himah, Jakarta.

Maria Yuni Megarini Cahyono, et al, (2024), Pendidikan Yang Memanusiakan, Zahir Publishing, Yogyakarta.

Merina Ramadhan dan Amanita Novi Yushita, (2022), Pengaruh Stres Akademik, Fasilitas Belajar, Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Daring Mahasiswa, Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 20(1): 54-55.

Rian Tasalim dan Ardhia Redina Cahyani, (2021), Stres Akademik dan Penanganannya, Guepedia, Bogor.

Siti Rahmi, (2021), Bimbingan dan Konseling Pribadi Sosial, Syiah Kuala University Press, Aceh.

Taufiqurohman, (2015), Berdamai Dengan Stres, Pusat Ilmu.

Downloads

Published

2024-06-10

How to Cite

Suminah, S., & Ciputri, L. . (2024). PENGARUH BEBAN TUGAS PEMBELAJARAN TERHADAP MUNCULNYA STRES PADA MAHASISWA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 6998–7003. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29390