NARRATIVE LITERATURE RIVIEW : PERILAKU BULLYING PADA ANAK SEKOLAH DASAR DALAM PRESPEKTIF NEUROPSIKOLOGI

Authors

  • Qoiri Fahmi Universitas Negeri Surabaya
  • Mochamad Nursalim Universitas Negeri Surabaya
  • Diana Rahmasari Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.23608

Keywords:

Neuropsikologi, Perilaku Bullying, Sekolah Dasar

Abstract

Perilaku bullying merupakan suatu hal yang sangat penting untuk diteliti, hal ini disebabkan karena perilaku bullying saat ini sedang menjadi perhatian masyarakat. Hampir seluruh lapisan masyarakat memperhatikan hal ini secara intensif, karena hal ini berhubungan dengan masa depan dan hidup sesorang. Penelitian ini menggunakan metode kajian literatur khususnya narrative review, sebagai pendekatan utama. Tahapan narrative literatur review yaitu penentuan topik, penelusuran jurnal rujukan, seleksi jurnal rujukan, deskripsi/abstraksi jurnal rujukan, pegolahan data, interpretasi hasil dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai bentuk bullying di Sekolah Dasar, mengetahui pengaruhnya dengan struktur otak yang dilihat dari prespektif Neuropsikologi, serta bagaimana dampak yang akan terjadi dari perilaku bullying. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 3 perilaku bullying yang sering terjadi di Sekolah Dasar, yaitu bentuk bullying secara verbal antara lain, menjuluki, meneriaki, memaki, menghina, mempermalukan di depan umum, menuduh, menyoraki, menebar gosip, dan memfitnah. Bullying fisik yaitu menampar, menginjak kaki, menjambak, menjegal, memukul dan menendang. Serta bullying relasional yaitu dengan memandang sinis, memandang penuh ancaman, mendiamkan, mengucilkan, memelototi, dan mencibir temannya dikarenakan kondisi bau badan, rasa iri, rasa dendam, dan rasa tidak suka. Dalam prespektif Neuropsikologi perilaku bullying juga berpengaruh dalam mempengaruhi struktur otak seperti amygdala, hippocampus, serta prefontal cortex. Selain itu dampak yang ditimbulkan dari anak-anak yang terkena perilaku bullying adalah dampak jangka panjang terhadap kesejahteraan emosional dan sosial mereka.

References

Anwari, M. (2018). Gambaran perilaku bullying siswa di sekolah dasar negeri Jember Lor 1 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember.

Asyraf, A. F. M. (2018). Memahami Perilaku Bullying dari Perspektif Neuropsikologi. Magister Psikologi Universitas Gajah Mada. Diakses pada tanggal 18 Desember 2023 dari https://www.academia.edu/43777199/ Memahami_Perilaku_ Bullying_ dari_Perspektif_Neuropsikologi

Daulay, N.-. (2017). Struktur Otak dan Keberfungsiannya pada Anak dengan Gangguan Spektrum Autis: Kajian Neuropsikologi. Buletin Psikologi, 25(1), 11–25. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.25163

Dewi, Angga Yulia Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja, P. (2020). EdukasI: Jurnal Pendidikan Dasar Perilaku School Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar. 1(1), 39–48. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/ index.php/edukasi

Febriana, B. (2017). Penurunan Kecemasan Remaja Korban Bullying Melalui Terapi Kognitif. IJNP (Indonesian Journal of Nursing Practices), 1(2), 1-8

Ferrari, R. (2015). Writing Narrative Style Literature Reviews. Medical Writing, 24(4), 230–235. https://doi.org/10.1179/2047480615z.000000000329

Hertinjung, W. S., & Karyani, U. (2015). Profil Pelaku dan Korban Bullying Di Sekolah Dasar. PROSIDING SEMINAR NASIONAL & INTERNASIONAL. Diakses pada tanggal 19 Desember 2023 dari http://103.97.100.145/index.php/psn1 2 012010/article/view/1535

Hopeman, T. A., Suarni, K., & Lasmawan, W. (2020). Dampak Bullying Terhadap Sikap Sosial Anak Sekolah Dasar (Studi Kasus Di Sekolah Tunas Bangsa Kodya Denpasar). PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4 (1), 52–63

Jelita, N. S. D., Iin, P., & Aniq, K. (2021). Dampak bullying terhadap kepercayaan diri anak. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2), 232-40.

Khairunisa, K., Neviyarni, N., Marjohan, M., Ifdil, I., & Afdal, A. (2022). Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Eklektik Untuk Menurunkan Tingkat Stress Pada Peserta Didik Korban Bullying. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 8(2), 104-111.

KPAI. (2019). KPAI: 67 Persen Kekerasan Bidang Pendidikan Terjadi Di Jenjang SD. Diakses pada tanggal 19 Desember 2023 dari https://www.kpai.go.id/berita/kpai -67- persen-kekerasan-bidang-pendidikan- terjadi-di-jenjang-s

Masturina, D. (2018). Pengaruh Kompetensi Diri Dan Kepercayaan Diri Terhadap Perencanaan Karir. Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(2).

McCrory, E., De Brito S., Viding E. (2011). The Impact of Childhood Maltreatment: A Review of Neurobiological and Genetic Factors. Frontiers in Psychiatry, 2:48

Oktaviany, D., & Ramadan, Z. H. (2023). Analisis Dampak Bullying Terhadap Psikologi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1245–1251. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5400

Oktaviany, D., & Ramadan, Z. H. (2023). Analisis Dampak Bullying Terhadap Psikologi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1245–1251. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5400

Phelps, E.A., O’Connor, K.J., Cunningham, W.A. Funayama, E.S., Gatenby, J.C. et.al. (2000). Performance on indirect measures of race evaluation predicts amygdala activation. Journal of Cognitive Neuroscience. 12:729-38.

Pratiwi, E. Y. R., Nursalim, M., & Sujarwanto, S. (2022). Penerapan Neuropsikologi Terhadap Pemecahan Masalah Perilaku Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5918–5925. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3165

Pratiwi, I., Tri Utami, G., & Keperawatan Universitas Riau, F. (2021). Gambaran Perilaku Bullying Verbal Pada Siswa Sekolah Dasar?: Literature Review. JKEP, 6(1).

Putri, M. (2018). Hubungan kepercayaan diri dan dukungan teman sebaya dengan jenis perilaku bullying di mtsn lawang mandahiling kecamatan salimpaung tahun 2017. Menara Ilmu, 12(8)

Setyowati, W. E., Heppy, D., & Setiani, A. R. (2017). Hubungan Antara Perilaku Bullying (Korban Bullying) Dengan Kemampuan Interaksi Sosial Pada Remaja SMA. In Proceeding Unissula Nursing Conference, no. Nurse Roles in Providing Spiritual Care in Hospital, Academic and Community (pp. 174-79).

Supriani, Eva Purnama Sari (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Bullying Pada Anak Usia Sekolahdi Sekolah Dasar Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh. Idea Nursing Journal Volume VIII. No 3.2017.

Teicher, M. H., Samson, J. A., Sheu, Y., Polcari, A., McGreenery, C. E. (2010). Hurtful Words: Association of Exposure to Peer Verbal Abuse With Elevated Psychiatric Symptom Scores and Corpus Callosum Abnormalities. American Journal Psychiatry; 167:1464–1471.

UNICEF. (2015). Annual Results Report 2015. Diakses pada tanggal 19 Desember 2023 dari https://www.unicef.org/publicpartner s hips/files/2015ARR_ChildProtection. pd

Vaillancourt, T., McDougall, P., Hymel, S., Krygsman, A., Miller, J., Stiver, K., Davis, C. (2008). Bullying: Are researchers and children/youth talking about the same thing?. International Journal of Behavioral Development , 32 (6), 486–495.

Wibowo, Hariyanto & Fijriani, Fijriani & Krisnanda, Veno. (2021). Fenomena perilaku bullying di sekolah. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa. 1. 157-166. 10.30998/ocim.v1i2.5888.

Widyarti Utami, T., Sri Astuti, Y., Kemenkes Bandung, P., Studi Keperawatan Bogor, P., studi ners, P., & Tinggi Ilmu Kesehatan kendal, S. (2019). HUBUNGAN KECEMASAN DAN PERILAKU BULLYING ANAK SEKOLAH DASAR. In Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa (Vol. 2, Issue 1).

Wright, T. (2017). Supporting Students Who Have Experienced Trauma. NAMTA Journal, 42(2), 141-152.

Zulqurnain, M. A., & Thoha, M. (2022). Analisis Kepercayaan Diri pada Korban Bullying. Edu Consilium: Jurnal Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, 3(2), 69-82

Additional Files

Published

2024-01-15

How to Cite

Fahmi, Q., Nursalim, M. ., & Rahmasari, D. . (2024). NARRATIVE LITERATURE RIVIEW : PERILAKU BULLYING PADA ANAK SEKOLAH DASAR DALAM PRESPEKTIF NEUROPSIKOLOGI . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 558–567. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.23608