PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI SDK BHAKTYARSA PADA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN PECAHAN MELALUI LESSON STUDY
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23433Keywords:
Cooperative Learning, Hasil Belajar Matematika, Lesson Study, Operasi Hitung Pecahan.Abstract
Penelitian ini didasari oleh rendahnya hasil belajar matematika pada materi operasi hitung campuran pecahan yang dialami para peserta didik kelas VI SDK Bhaktyarsa. Berdasarkan hasil pengamatan awal yang dilakukan, dari 33 orang peserta didik, diketahui terdapat 11 orang peserta didik (33%) orang peserta didik yang tuntas, artinya sebanyak 22 orang peserta didik (67%) yang tidak tuntas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar matematika setelah menggunakan model pembelajaran cooperative learning pada peserta didik kelas VI SDK Bhaktyarsa. Penelitian ini menggunakana penelitian tindakan kelas berbasis lesson study dengan tahapan perencanaan (plan), pelaksanaan (do), dan refleksi (see). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian pada siklus 1, diketahui terdapat 20 orang peserta didik (61%) yang tuntas, dan pada siklus 2 diketahui terdapat 27 orang peserta didik (82%) yang tuntas. Sehingga hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran cooperative learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VI A SDK Bhaktyarsa.References
Depdiknas. 2007. Pedoman Pembelajaran Permainan Berhitung Permulaan Di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
Adwiah, R., Sundari, F. S., & Utami, S. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning dengan Media Edudomi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas 3 Sekolah Dasar Berbasis Lesson Study. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiru, 09(04), 2224–2233.
Alfiani, S. N. (2021). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick Terhadap Prestasi Belajar Siswa SD. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 1–11. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/31623
Firdaus, A. (2018). Pendekatan Matematika Realistik dengan Bantuan Puzzle Pecahan untuk Siswa Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 243–252. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p243-252
I Made, S. (2018). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Pecahan Siswa Sekolah Dasar. International Journal of Elementary Education, 2(2), 144. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i2.14417
Izzah, J., & Qohar, A. (2020). Pembelajaran Matematika Berbasis Lesson Study Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Aljabar. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 64–70. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.22547
Nugraheni, N. (2017). Penerapan Media Komik Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika?: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 111–117. https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1587
Putra, S. H. J. (2021). Effect of Science, Environment, Technology, and Society (SETS) Learning Model on Students’ Motivation and Learning Outcomes in Biology. Tarbawi?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(2), 145–153. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v17i2.1063
Sari, N. I., Rahman, S., & Ahyan, S. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Project-Based Learning Melalui Lesson Study. Journal of Didactic Mathematics, 4(2), 138–144. https://doi.org/10.34007/jdm.v4i2.1853
Tarmoko, A. H. (2007). I M Me Ed Di Ia a.
Tati, T., Putra, S. H. J., & Galis, R. (2020). Pengaruh Mpdel Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together (Nht) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup Kelas Vii Di Smpk Kimang Bulen Nita. Spizaetus: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 1(1), 6–14. https://doi.org/10.55241/spibio.v1i1.2
Vinata, M., Serly, N., Helvina, M., Maria, D., & Puang, E. (2023). JOTE Volume 5 Nomor 2 Tahun 2023 Halaman 291-299 JOURNAL ON TEACHER EDUCATION Research & Learning in Faculty of Education Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran Berbasis Lesson Study. 5(2021), 291–299.
Zalima, E. I., Njanji, F. P., Lasmiatik, L., Agustina, L., & Dela, M. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Operasi Hitung Pada Bilangan Pecahan Campuran. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 2(2), 46–54. https://doi.org/10.33503/prismatika.v2i2.658
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Anna Monica Meilany
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.