KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BERPIKIR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23012Keywords:
Komunikasi Matematis, Gaya BerpikirAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari gaya berpikir. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif. Teknik penelitian yang digunakan adalah Non-Probability Sampling, di mana peneliti menggunakan jenis sampel jenuh. Dari hasil penelitian ini diperoleh persamaan regresi Y = 8,309 + 0,745X dengan koefisien determinasi 9,89% menunjukan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa dipengaruhi oleh gaya berpikir dengan kontribusi variabel gaya berpikir sebesar 9,89% dan sisanya 90,11% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Hal itu juga diperkuat dengan hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa F_hitung>F_tabel untuk ? = 0,05 yaitu 6,38 > 4,09. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa dapat dipengaruhi oleh gaya berpikirnya.References
Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. PILAR, 14(1), 15–31.
Bainamus, P. M., Hartanto, H., & Abdullah, M. I. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Hibrid Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Curup Tengah. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 16–23.
Fitrah, M. (2017). Pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika pada materi segiempat siswa smp. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 51–70.
Ratnasari, Y., Rosita, C. D., & Pramuditya, S. A. (2017). Pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa. Procediamath, 1(1).
Retnawati, H. (2017). Teknik pengambilan sampel. Disampaikan Pada Workshop Update Penelitian Kuantitatif, Teknik Sampling, Analisis Data, Dan Isu Plagiarisme, 1–7.
Riyadi, M., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1), 71–80.
Sugiyono, D. (2014). Metode penelitian pendidikan.
Sugiyono, S. (2015). Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta. CV.
Suyono, H., & Hariyanto, H. (2014). Belajar & Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Anggi Dwi Setiawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.