ANALISIS KEMAMPUAN MATEMATIKA PERMULAAN ANAK USIA DINI DITINJAU DARI GAYA BELAJAR VISUAL

Authors

  • Idzni Azhima Universitas Alwashliyah Medan
  • Seila Rizkina Universitas Alwashliyah Medan
  • Riski Yani Rambe Universitas Alwashliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22744

Keywords:

Gaya Belajar, Matematika Permulaan, Anak Usia Dini.

Abstract

agar dapat membantu anak berkembang secara optimal. Setiap anak memiliki gaya belajar yang berbeda-beda untuk dapat menerima dan memahami informasi yang mereka terima. Oleh karena itu, guru perlu mengetahui gaya belajar masing-masing anak, agar kemampuan yang ada dalam diri anak dapat dikembangkan secara optimal. Gaya belajar juga menjadi hal yang mendasar bagi keberhasilan anak di sekolah, seperti keberhasilannya dalam kemampuan kognitif yang termasuk di dalamnya kemampuan dalam mengenal konsep matematika permulaan. Ada tiga jenis gaya belajar yang dapat dimiliki setiap anak, yaitu gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. Namun dalam hal mengingat informasi, 75% orang lebih mudah mengingatnya melalui indra penglihatan atau visual. Artinya, anak dengan gaya belajar visual lebih mudah mengingat suatu informasi. Adapun tujuan dari penulisan ini yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan matematika permulaan anak usia dini ditinjau dari gaya belajar visual berdasarkan telaah dari beberapa literatur. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu anak dengan gaya belajar visual memiliki kemampuan matematika permulaan yang cenderung lebih baik.

References

Almohtadi, R., Aldarabah, I. T., & Jwaifell, M. (2019). Effectiveness of Instructional Electronic Games in Acquisition of Geometry Concepts Among Kindergarten Children. Research on Humanities and Social Sciences, 9(12), 144–150. https://doi.org/10.7176/RHSS

Atmaja, J. R. (2017). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Geometri Melalui Permainan Dakon Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pelita PAUD, 1(2), 121–134. https://doi.org/https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v1i2.206

Azhima, I., Meilanie, S. M., & Purwanto, A. (2021). Penggunaan Media Flashcard untuk Mengenalkan Matematika Permulaan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi, 5(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1091

Balat, G. U. (2014). Analyzing The Relationship Between Learning Styles and Basic Concept Knowledge Level of Kindergarten Children. Academic Journlas: Educational Research and Reviews, 9(24), 1400–1405. https://doi.org/10.5897/ERR2014.1907

Brewer, J. A. (2013). Introduction to Early Childhood Education Preschool Through Primary Grades 6th Edition. Pearson Education Inc.

Charlesworth, R., & Lind, K. K. (2012). Math and Science for Young Children. Cengange Learning.

DePorter, B., & Hernacki, M. (2004). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Kaifa.

DePorter, B., Reardon, M., & Singer-Nourie, S. (2014). Quantum Teaching. Kaifa.

Eliyawati, C. (2005). Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar untuk Anak Usia Dini. Depdiknas.

Fitrah, M. (2016). Model Pembelajaran Matematika Sekolah: Kajian Perspektif Berdasarkan Teori dan Hasil Riset. Deepublish.

Fitria, A. (2013). Mengenalkan dan Membelajarakna Matematika Pada Anak Usia Dini. Mu’adalah: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 1(2). https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.18592/jsga.v1i2.675

Handayani, O. D. (2018). Pembelajaran Matematika Permulaan Melalui Kewirausahaan Pada Aktivitas Bercocok Tanam Pada Anak Usia Dini. PAUDIA, 7(2).

Hapsari, M. N., Ilhami, B. S., & Agustina, Y. (2019). Dekak-Dekak Geometri, Media Pembelajaran untuk Mengenalkan Bentuk Geometri Pada Anak Kelompok A. Jurnal Golden Age, 3(01), 30–36.

Hayati, S., Handini, C. M., & Asmawi, M. (2017). Effect of Traditional Games, Learning Motivation and Learning Style on Childhood Gross Motor Skills. International Journal of Educational and Research, 5(7), 53–66.

Iswanti. (2014). Peningkatan Pemahaman Konsep Bilangan Melalui Permainan Memasangkan. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(2), 391–400.

Jannah, R. (2011). Membuat Anak Cinta Matematika dan Eksak Lainnya (p. 26). Diva Press.

Kermani, H. (2017). Computer Mathematics Games and Conditions for Enhancing Young Children’s Learning of Number Sense. Malaysian Journal of Learning and Interactions, 14(2), 23–57.

Kurniawan, D. E., Dzikri, A., Widyastuti, H., Sembiring, E., & Manurung, R. T. (2019). Smart mathematics?: a kindergarten student learning media based on the drill and practice model. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1175/1/012037

Lestariningrum, A. (2018). The Effect of Traditional Games , Self-Confidence , and Learning Style on Mathematical Logic Intelligence. Atlantis Press: International Conference of Early Childhood Education, 169, 8–12.

Mangal, S. K., & Mangal, S. (2019). Psychology of Learning and Development. PHI Learning Pvt.

Maulana, R. A. (2019). Math untuk Anak Usia Dini. IGI PD.

Mirzaqon, T. ., & Purwoko, B. (2017). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori dan Praktik Konseling Expressive Writing. Jurnal BK Unesa, 8(1).

Mulyati, C., Muiz, D. A., & Rahman, T. (2019). Pengembangan Media Papan Flanel untuk Memfasilitasi Kemampuan Konsep Bilangan Anak Pada Kelompok B. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i1.362

Mustofa, M., Ariyandi, B., & Fakhri, K. (2023). Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research). Get Press Indonesia.

Novita, R., Putra, M., Rosayanti, E., & Fitriani, F. (2018). Design learning in mathematics education?: Engaging early childhood students in geometrical activities to enhance geometry and spatial reasoning. Journal of Physics: Conference Series, 1088. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1088/1/012016

Othman, N., & Amiruddin, M. H. (2010). Different Perspectives of Learning Styles from VARK Model. Procedia Social and Behavioral Science, 7(2), 652–660. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.10.088

Özçak?r, B., Konca, A. S., & Ar?kan, N. (2019). Children’s Geometric Understanding through Digital Activities?: The Case of Basic Geometric Shapes. In International Journal of Progressive Education (Vol. 15, Issue 3). https://doi.org/10.29329/ijpe.2019.193.8

Sanjaya, M. S., Farantika, D., & Nindiya, D. . (2023). Identifikasi Gaya Belajar Anak Usia Dini. Journal Ashil, 3(1). https://ejournal.uit-lirboyo.ac.id/index.php/piaud/article/view/3641/1265

Saputri, I. A., & Afifah, D. R. (2019). Gaya Belajar Anak Usia Dini Kelompok B TK Margobhakti Kota Madiun. Jurnal CARE: Children Advisory Research and Eductaion, 6(2).

Susilowati, N. (2014). Penggunaan Media Manipulatif untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Empowerment, 4(2252), 152–161.

Triharso, A. (2013). Permainan Kreatif dan Edukatif untuk Anak Usia Dini. Andi Offset.

Wan, C. L., & Chuan, C. S. (2014). The Compatibility of Intelligence and Learning Styles?: A Case Study among Malaysian Preschoolers. Australian Journal of Basic and Applied Sciences, 8(5).

Zed, M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.

Downloads

Published

2023-12-14

How to Cite

Azhima , I., Rizkina , S. ., & Rambe , R. Y. . (2023). ANALISIS KEMAMPUAN MATEMATIKA PERMULAAN ANAK USIA DINI DITINJAU DARI GAYA BELAJAR VISUAL. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3384–3391. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22744