PERAN SUPERVISI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 1 MEDAN

Authors

  • Lukman Nasution Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan
  • Seila Rizkina Universitas Al Washliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25695

Keywords:

Supervisi Manajerial, Kepala Sekolah, Kinerja Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran supervisi manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Medan. adapun yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah guru dan sekaligus menjadi sampel dalam penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 121 guru. Penelitian yang dilakukan menggunakan riset kuantitatif dengan metode survei dan pendekatan eksplanatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana untuk menguji hipotesis, analisis korelasi dan koefisien determinasi. Namun sebelumnya dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas terlebih dahulu. Berdasarkan hasil dari penelitian ini bahwa supervisi manajerial kepala sekolah secara statistik berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru. Hal ini diperoleh dari hasil nilai thitung = 16,607 sedangkan ttabel pada taraf signifikansi 5% adalah = 1,984 Dikarenakan thitung > ttabel (16,607 > 1,984). Adapun besarnya nilai uji koefisien determinasi didapat nilai R sebesar 0,864 Hal ini menunjukkan bahwa variabel independen yaitu supervisi manajerial kepala sekolah memiliki hubungan (korelasi) yang kuat sebesar 86,4%. Besarnya adjusted R2 yang dihasilkan 0,743 artinya sebesar 74,3% variabel independen menyumbang pengaruh yang efektif terhadap variabel dependen sedangkan sisanya 25,7% dipengaruhi oleh faktor yang lain.

References

Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Dedik Iwan Setiawan, Taufiq Harris. (2021). Pengaruh Supervisi Manajerial Dan Intensitas Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Gugus Sekolah Ii Purwodadi Pasuruan.

Kriyantono, Rachmat. (2012). Teknis Praktis Riset Komunikasi. Jakarta. Kencana

Meidiana, Syarwani Ahmad, Destiniar. (2020). Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dan Supervisi Akademik Terhadap Kinerja Guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan). Volume 5, No. 2, Juli-Desember 2020

Mulyasa, E. (2013). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara

Nasution, Lukman & Seila Rizkina. (2023). Pemberdayaan Guru Melalui Peningkatan Profesionalisme Kinerja Guru. Community Development Journal. Vol. 4, No. 2, Juni 2023, Hal. 3971-3976

Nasution, Lukman. (2024). Supervisi Akademik Pengawas Berbasis Total Quality Management di Sekolah Dasar. Medan: CV. Sentosa Deli Mandiri

Noor, Juliansyah. (2013). Metode Penelitian, Skripsi, Tesis, Disertasi & Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-02-04

How to Cite

Nasution, L. ., & Rizkina, S. . (2024). PERAN SUPERVISI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 1 MEDAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 2151–2155. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25695