IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM MENANGKAL INTOLERANSI, RADIKALISME DAN TERORISME

Authors

  • I Made Kartika Universitas Dwijendra
  • Putu Ronny Angga Mahendra Universitas Dwijendra

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22548

Keywords:

Implementasi Nilai Pancasila, Intoleransi, Radikalisme, Terorisme

Abstract

Pancasila adalah ideologi negara yang memiliki sifat terbuka artinya dapat menerima paham-paham dari luar sesuai dengan perkembangan zaman. Namun bukan berarti paham dari luar dapat bebas masuk begitu saja ke Indonesia, paham luar dibatasi oleh kelima asas dari Pancasila. Radikalisme adalah permasalahan yang muncul akibat dari salah tangkap mengenai sebuah paham dari luar sehingga masyarakat yang mempercayainya melupakan Pancasila dan memilih mendukung ideologi luar dengan keras. Sejak beberapa tahun terakhir radikalisme sudah merajalela di Indonesia bahkan sudah masuk ke dunia pendidikan dan kalangan kaum muda. Ada banyak faktor penyebab mengapa radikalisme sangat mudah masuk ke Indonesia yaitu mulai dari faktor pemikiran, faktor ekonomi, faktor politik, faktor psikologis, faktor sosial, dan faktor pendidikan. Semua faktor tersebut menjadi latar belakang radikalisme masuk ke Indonesia namun yang pasti itu semua mengerucut pada satu, yaitu menurunnya penerapan Pancasila dalam kehidupan. Maka dari itu solusinya adalah revitalisasi Pancasila pada kehidupan sehari-hari, seluruh warga negara harus bersinergi untuk sama-sama meningkatkan penerapan nilai-nilai Pancasila.

References

Agungwidodo.Sampaiujungpelangi.blogspot.com/2016/03/makalahimplementasi-nilai-nilai-Pancasila.html?m=1).

Chosilin, 2013. Ilmu Kewarganegaraan (Civics). Yogyakarta: Ombak. Baharudin Lopa, Alqur’an dan HAM, PT Dana Bakti Prima Yasa, Yogyakarta. 1996.

Dwiyanti Sri Harini ddk. 2012. Pendidikan kewarganegaraan. pustaka pelajar, Yogyakarta

Depertemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indpnesia, Edisi ke 4. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Dewantara, Ki Hajar, Karya Kihajar Dewantara Bagian II: Kebudayaan, Offset Taman Siswa: Yogyakarta. 1994.

JWM, Bakker SJ., 1984, Filsafat kebudayaan, pustaka filsafat, BPK Gunung Mulia, kanisius, Yogyakarta

Koentjaraningrat, Prof. Dr. 1999. Manususia dan kebudayaan di Indonesia, Djambatan, Jakarta

Mahendra, Putu Ronny Angga. (2018). Pembelajaran PPKn dalam Resonansi Kebangsaan dan Globalisasi. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol. 4 No. 2. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.

Mahendra, Putu Ronny Angga. (2014). Peran Strategis PKn untuk Membangun Karakter bagi Mahasiswa. Jurnal Widya Acarrya Vol. 3 No. 1. Universitas Dwijendra Denpasar.

Mahendra, Putu Ronny Angga. (2020). Memperkuat Kesadaran Bela Negara Dengan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Perspektif Kekinian. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol. 8 No. 3 . Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.

Mahendra, Putu Ronny Angga dan I Made Kartika. (2021). Membangun Karakter Berlandaskan Tri Hita Karana Dalam Perspektif Kehidupan Global. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol. 9 No. 2. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.

Rahayu Sri. 2016:27. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Jakarta: Bumi aksara

Sidiq.http://sosiologis.com/nilai-nilai pancasila/amp?. bahasa, multi budaya, dan multi ras, yang bergambar dalam Bhineka Tunggal Ika.

Windarti, Y., Slameto, & Widyanti, E. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Tematik Kelas 4SD. Jurnal Pendidikan Berkarakter, Vol. 1(No.1), 150-155.

Downloads

Published

2023-12-12

How to Cite

Kartika, I. M. ., & Mahendra, P. R. A. (2023). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM MENANGKAL INTOLERANSI, RADIKALISME DAN TERORISME. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3144–3151. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22548