IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM MENANGKAL INTOLERANSI, RADIKALISME DAN TERORISME
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22548Keywords:
Implementasi Nilai Pancasila, Intoleransi, Radikalisme, TerorismeAbstract
Pancasila adalah ideologi negara yang memiliki sifat terbuka artinya dapat menerima paham-paham dari luar sesuai dengan perkembangan zaman. Namun bukan berarti paham dari luar dapat bebas masuk begitu saja ke Indonesia, paham luar dibatasi oleh kelima asas dari Pancasila. Radikalisme adalah permasalahan yang muncul akibat dari salah tangkap mengenai sebuah paham dari luar sehingga masyarakat yang mempercayainya melupakan Pancasila dan memilih mendukung ideologi luar dengan keras. Sejak beberapa tahun terakhir radikalisme sudah merajalela di Indonesia bahkan sudah masuk ke dunia pendidikan dan kalangan kaum muda. Ada banyak faktor penyebab mengapa radikalisme sangat mudah masuk ke Indonesia yaitu mulai dari faktor pemikiran, faktor ekonomi, faktor politik, faktor psikologis, faktor sosial, dan faktor pendidikan. Semua faktor tersebut menjadi latar belakang radikalisme masuk ke Indonesia namun yang pasti itu semua mengerucut pada satu, yaitu menurunnya penerapan Pancasila dalam kehidupan. Maka dari itu solusinya adalah revitalisasi Pancasila pada kehidupan sehari-hari, seluruh warga negara harus bersinergi untuk sama-sama meningkatkan penerapan nilai-nilai Pancasila.References
Agungwidodo.Sampaiujungpelangi.blogspot.com/2016/03/makalahimplementasi-nilai-nilai-Pancasila.html?m=1).
Chosilin, 2013. Ilmu Kewarganegaraan (Civics). Yogyakarta: Ombak. Baharudin Lopa, Alqur’an dan HAM, PT Dana Bakti Prima Yasa, Yogyakarta. 1996.
Dwiyanti Sri Harini ddk. 2012. Pendidikan kewarganegaraan. pustaka pelajar, Yogyakarta
Depertemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indpnesia, Edisi ke 4. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Dewantara, Ki Hajar, Karya Kihajar Dewantara Bagian II: Kebudayaan, Offset Taman Siswa: Yogyakarta. 1994.
JWM, Bakker SJ., 1984, Filsafat kebudayaan, pustaka filsafat, BPK Gunung Mulia, kanisius, Yogyakarta
Koentjaraningrat, Prof. Dr. 1999. Manususia dan kebudayaan di Indonesia, Djambatan, Jakarta
Mahendra, Putu Ronny Angga. (2018). Pembelajaran PPKn dalam Resonansi Kebangsaan dan Globalisasi. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol. 4 No. 2. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.
Mahendra, Putu Ronny Angga. (2014). Peran Strategis PKn untuk Membangun Karakter bagi Mahasiswa. Jurnal Widya Acarrya Vol. 3 No. 1. Universitas Dwijendra Denpasar.
Mahendra, Putu Ronny Angga. (2020). Memperkuat Kesadaran Bela Negara Dengan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Perspektif Kekinian. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol. 8 No. 3 . Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.
Mahendra, Putu Ronny Angga dan I Made Kartika. (2021). Membangun Karakter Berlandaskan Tri Hita Karana Dalam Perspektif Kehidupan Global. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol. 9 No. 2. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.
Rahayu Sri. 2016:27. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Jakarta: Bumi aksara
Sidiq.http://sosiologis.com/nilai-nilai pancasila/amp?. bahasa, multi budaya, dan multi ras, yang bergambar dalam Bhineka Tunggal Ika.
Windarti, Y., Slameto, & Widyanti, E. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Tematik Kelas 4SD. Jurnal Pendidikan Berkarakter, Vol. 1(No.1), 150-155.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 I Made Kartika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.