PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN REFLEKTIF BERBASIS UNITY OF SCIENCES BAGI CALON GURU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PROFESIONAL

Authors

  • Siraj Siraj Universitas Malikussaleh
  • Muhammad Yusuf Universitas Malikussaleh
  • Islami Fatwa Universitas Malikussaleh
  • Faizar Rianda Universitas Malikussaleh
  • Mulyadi Mulyadi Universitas Malikussaleh

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21533

Keywords:

Guru; Unity of Sciences; Profesional.

Abstract

Lembaga Pendidik Tenaga Kependidikan berkewajiban menyiapkan guru SMK yang profesional dengan pembelajaran refleksi (reflective learning) yang merupakan model kegiatan pembelajaran dengan melibatkan kegiatan berpikir reflektif dalam prosesnya. Refleksi dalam konteks pembelajaran merupakan kegiatan intelektual dan afektif untuk mengekplorasi pengalaman dalam mencapai pemahaman dan apresiasi-apresiasi baru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan yang menunjukkan pentingnya Micro Teaching dalam membentuk calon guru SMK yang professional. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka diperlukan pengembangan model pembelajaran reflektif  berbasis Unity of Sciences untuk pembentukan calon guru SMK yang profesional. Pentingnya penelitian ini dilakukan adalah agar dapat menghasilkan suatu model pembelajaran reflektif  berbasis Unity of Sciences yang dilakukan melalui tiga pilar utama yaitu spiritualisasi ilmu-ilmu sains, humanisasi ilmu-ilmu agama, dan pemanfaatan local wisdom sehingga dapat membentuk calon guru SMK profesional. Kontribusi penelitian ini adalah menghasilkan suatu model pembelajaran reflektif  berbasis Unity of Sciences untuk meningkatkan daya saing calon guru SMK pada era revolusi digital yang memiliki kekuatan NASIONALISME, IPTEKS dan IMTAQ dalam mendukung Indonesia Maju. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model pembelajaran reflektif berbasis Unity of Sciences untuk pembentukan calon guru Sekolah Menengah Kejuruan profesional. Metode penelitian menggunakan desain model pengembangan yang digunakan adalah pengembangan pendidikan umum (Plomp, 1997) implementasi, yaitu (1) fase investigasi awal, (2) fase desain, (3) fase realisasi, (4) fase tes, evaluasi dan revisi, (5) fase implementasi luas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran  reflektif berbasis Unity of Sciences yang dikembangkan telah valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan daya saing calon guru SMK pada era revolusi digital yang memiliki kekuatan NASIONALISME, IPTEKS dan IMTAQ dalam mendukung Indonesia Maju.

References

Auta, M. 2020. Work place performance of university technology and vocational education (TVET) student-teachers: A tracer study. Journal Plus Education, 26 (1), 229-238.

Badan Pusat Statistik. (2023). Provinsi Aceh dalam Angka. Banda Aceh: Badan Pusat Statistik Aceh.

Boud, D., Keogh, R., & Walker, D. (1989). Reflection: Turning Experience into Learning. London: Kogan Page

Charles, H., & Akpomi, M. E. 2021. Assessment of teachers’ competence in pedagogy for improved teaching of business studies in secondary schools in port harcourt metropolis. International Journal of Modern Innovation and Knowledge, 2(2), 84-95

Cochran-Smith, M. 2020. Teacher education for justice and equity: 40 years of advocacy. Action in Teacher Education, 42(1), 49-59.

Fajriana, et al., 2023. Analisis Model Good School Governance pada Sekolah Vokasi. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(1), 1777-1785

Gaybullayevna, S. R. 2020. Pedagogical tools that serve the development of cultural views in the subjects of the educational process. JCR, 7(12), 3104-3108.

Goodwin, A. L., & Low, E. L. 2021. Rethinking conceptualisations of teacher quality in Singapore and Hong Kong: A comparative analysis. European Journal of Teacher Education, 08 April 2021, 1-18.

McGarr, O., & McDonagh, A. 2021. Exploring the digital competence of pre-service teachers on entry onto an initial teacher education programme in Ireland. Irish Educational Studies, 40(1), 115-128.

Irwanto. 2021. Link and Macth Pendidikan Kejuruan dengan Dunia Usaha dan Industri di Indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan, 2 (2), 549-562.

Ismayati, E., Muslim, S., Kusumawati, N., Rahmadyanti, E., Hilmi, M., & Wrahatnolo, T. 2020. Critical study of research results about TVET and TEFA’s role in social, economic, and education development in the country. Journal of Education, Teaching and Learning, 5 (1), 106-113.

Kemendikbud. 2020. Petunjuk Teknis Bantuan Pemerintah Fasilitasi Sekolah Menengah Kejuruan yang Dikembangkan Menjadi Pusat Keunggulan (Center of Excellence) Prioritas Sektor Pemesinan Dan Konstruksi. Jakarta: Direktorat SMK.

Nurhadi, D., & Lyau, N. M. 2017. A conceptual framework for the development of twenty-first century vocational teachers’ professional competencies. International Forum of Teaching and Studies, 13 (2), 8-20.

Okolie, U. C.,et. al., 2021. A critical perspective on TVET teachers’ pedagogical practices: insights into the guiding pedagogical principles in practice. Journal of Vocational Education & Training, 9 March 2021, 1-20.

Pavlova, M. 2019. Emerging environmental industries: impact on required skills and TVET systems. International Journal of Training Research, 17(sup1), 144-158.

Siraj, et al., 2022. Pendidikan Terpadu: Integrasi Nilai-nilai Keislaman, Kebangsaan, Keacehan dalam Pembelajaran. Journal on Teacher Education, 4(1), 537-545.

Siraj, et al., 2023. Penyelenggaraan Pendidikan Berbasis Model Edutechnopreneur Islami. Journal on Education, 5(3), 9944-9951.

Tang, S. Y., Wong, A. K., Li, D. D., & Cheng, M. M. 2021. Re-conceptualising professional competence development of student teachers in initial teacher education. Research Papers in Education, 36(2), 152-175.

Thompson, A. M., Elmore, R., & Oetker, L. M. 2020. Free and valid teacher social competence scale for school social workers. Children & Schools, 42(1), 63-66.

Vyas-Doorgapersad, S., & Aktan, C. C. (2017). Progression from ideal state to good governance: an introductory overview. International Journal of Business and Management Studies, 9: (1).

Downloads

Published

2023-11-23

How to Cite

Siraj, S., Yusuf, M. ., Fatwa, I. ., Rianda, F. ., & Mulyadi, M. (2023). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN REFLEKTIF BERBASIS UNITY OF SCIENCES BAGI CALON GURU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PROFESIONAL. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2030–2038. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21533

Most read articles by the same author(s)