PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAI SD ATTIN NAMOSAIN KECAMATAN ALAK KOTA KUPANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29070Keywords:
Peran Kepala Sekolah. Kompetensi Guru PAIAbstract
SD Attin Namosain Kecamatan Alak, Kota Kupang, merupakan salah satu sekolah yang berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang efektif. Kepala sekolah di SD Attin Namosain memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa guru Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki kompetensi profesional yang memadai. Kompetensi ini mencakup kemampuan pedagogis, kepribadian, sosial, dan profesional yang harus terus dikembangkan agar proses pembelajaran agama dapat berjalan dengan baik dan memberikan dampak positif bagi siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana peran kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru pendidikan agama Islam di sekolah dasar Attin Namosain. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peran kepala sekolah dalam mengembangkan kompetensi profesional guru pendidikan agama Islam di sekolah dasar Attin Namosain. Metode penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan studi dokumentasi dengan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Sedangkan subjek penelitian adalah; guru mata pelajaran Pendidikan agama Islam, dan kepala sekolah Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Profesionalisme guru PAI sekolah dasar Attin Namosain sudah memenuhi standar profesional, hal ini dapat dilihat dari kompetensi personal, sosial, profesional, dan pedagogik guru Pendidikan Agama Islam di sekolah dasar Attin Namosain. Peran kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru PAI yaitu dengan meningkatkan kreativitas guru, memberi motivasi, memberi bimbingan, pengarahan serta bantuan kepada guru, menyediakan sarana prasarana yang memadai, meningkatkan kedisiplinan terhadap guru, dan memberikan penghargaan.References
Ainiyah, N. (2013). Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Ulum, 13(1), 25–38.
Alfianis. (2014). Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi guru dalam mengajar di sekolah. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 40–44. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/bahana/article/view/3732/2967
Amirudin, M. F. (2019). Hubungan Pendidikan dan Daya Saing Bangsa. BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 35. https://doi.org/10.29240/belajea.v4i1.723
Artono, A., & Sari, B. G. M. (2020). Kompetensi Pedagogik, Kepribadian, Sosial dan Profesional Guru terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Sejarah. Tadbir Muwahhid, 4(1), 1. https://doi.org/10.30997/jtm.v4i1.2588
ASTUTI, A. (2019). Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 435–449. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v5i1.79
Hayati, R., Armanto, D., & Kartika, Y. (2023). Kepemimpinan Pendidikan. Jurnal Manajemen Dan Budaya, 3(2), 32–43. https://doi.org/10.51700/manajemen.v3i2.450
Mahmud, H., Yusuf, M., & Purnanengsi, L. (2021). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Motivasi Guru Untuk Menggunakan E-Learning Pada Masa Covid-19 Jurusan Teknik Komputer Di Sekolah Menengah Kejuruan (Smk) Negeri 2 Palopo. Journal of Teaching Dan …, 6. http://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/JTLR/article/view/1995%0Ahttps://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/JTLR/article/download/1995/1484
Mulyati, A. (2022). Peran Kepala Sekolah Dalam Pendidikan. Jurnal El-Idarah Manajemen Pendidikan Islam, 8(2), 1–16. https://journal.parahikma.ac.id/el-idarah
Sulistyorini. 2009. Manajemen Pendidikan Islam. Yogyakarta: Teras
Danim, Sudarwan. 2002. Inovasi Pendidikan Dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia
Sugiono.2006. Metode Penelitian Kualitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Sulistyorini. 2009. Manajemen Pendidikan Islam. Yogyakarta: Teras
Trianto, 2010. Prosedur Penenlitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta
Mulyasa, E. 2007.Menjadi Kepala Sekolah Profesional.Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Arafik Syaif
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.