PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN FISIKA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.2145Keywords:
Model Pembelajaran, Numbered Head Together, Hasil Belajar SiswaAbstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Numbered Head Together belum optimal diterapkan sehingga hasil belajar siswa pada mata pelajaran konstruksi jalan dan jembatan belum memenuhi Standar KKM. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Gunungsitoli Idanoi dengan subjek penelitian siswa kelas X. Hasil penelitian : (1) pada siklus I (pertama) rata-rata pengamatan proses pembelajaran (responden guru) yaitu 48,60%, rata-rata persentase pengamatan keaktifan siswa yaitu 45,23% belum mencapai target yang ditetapkan, rata-rata hitung hasil belajar siswa adalah 66,93 tergolong kategori cukup, persentase ketuntasan siswa mencapai 38,88%. (2) pada siklus II (kedua) rata-rata pengamatan proses pembelajaran (responden guru) yaitu 91,06%, rata-rata persentase pengamatan keaktifan siswa yaitu 84,54% telah mencapai target yang ditetapkan, rata-rata hitung hasil belajar siswa adalah 82,16 tergolong kategori baik dan persentase ketuntasan belajar mencapai 100%, telah mencapai target yang ditetapkan yaitu 70. Dari temuan penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together pada pelajaran fisika dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMAN 1 Gunungsitoli IdanoiReferences
Aunurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Penerbit Alfabeta.
Akhiruddin. (2019). Belajar dan Pembejaran. Gowa :Cahaya Bintang Cemerlang.
Budiyanto Agus Krisno. (2016). 45 Model Pembelajaran Dalam Student Centered Learning (SCL). Malang : UMM Press.
Budiningsih Asri. (2012). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Boby Hari. (2019). Konstruksi Jalan Jembatan. Pacitan: Direktorat Pembinaan SMK Kemendikbud RI.
Depdiknas. (2009). Pedoman Umum Pengembangan Penilaian. Jakarta : Depdiknas Dirjendiknasmen
Hayati, Sri. (2017). Belajar Dan Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. Magelang: Graha Cendekia
Ibrahim. (2012). Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: UNESA University Press
Institut Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Gunungsitoli (2017). Pedoman Penulisan Skripsi IKIP Gunungsitoli. Tim Revisi Pedoman Akademik Gunungsitoli
Huda Miftahul. (2014). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nurdiansyah. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. Surabaya : NLC
Ridlho Erfan Nugroho, Suryaningrum. (2018). Dasar – Dasar Konstruksi Kelas X. Yogyakarta: Andi Offset.
Aris Shoimin. (2014). 68 Model Pembelajaran Inofasi Dalam Kurikulum. Yoyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sudirman, Rosmini Maru. (2016). Implementasi Model-Model Pembelajaran Dalam Bingkai Penelitian Tindakan Kelas. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.
Undang-Undang Republik Indonesia Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (1995). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Undang-Undang Republik Indonesia Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2004). Pedoman Umum Pengembangan Penilaian. Jakarta: Depdiknas Dirjendiknasmen.