THE INFLUENCE OF THE PROJECT BASED LEARNING MODEL ASSISTED WITH THE ELECTRONIC WORKBENCH APPLICATION ON THE CRITICAL THINKING ABILITY OF ELECTRICAL EDUCATION STUDENTS
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21348Keywords:
Model Project Based Learning, Proteus, Kemampuan Berpikir Kritis.Abstract
Abstrak Melalui pendidikan tinggi, mahasiswa diberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menghadapi tantangan kehidupan di masa depan. Namun dalam pelaksanaannya, beberapa program studi di kampus mungkin mengalami kendala dalam menyediakan fasilitas dan perlengkapan yang memadai untuk menunjang pembelajaran pada bidang vokasi tertentu. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning berbantuan aplikasi electronic workbench terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa pendidikan teknik elektro. Metode penelitian yang dilaksanakan berbentuk quasi eksperimen dengan desain penelitian berupa posttest only group design. Populasi penelitian adalah mahasiswa program studi pendidikan teknik elektro, dimana sampel penelitiannya adalah mahasiswa semester gasal yang mengambil mata kuliah rangkaian listrik. Teknik pengumpulan data meliputi tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil yang diperoleh adalah uji thitung sebesar 2,630 > ttabel sebesar 2,048. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model project based learning berbantuan aplikasi electronic workbench terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa teknik elektro yang mengambil mata kuliah rangkaian listrik.References
Diarini, I. G. A. A. S., Ginting, M. F. B., & Suryanto, I. W. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Lesson Study Melalui Pembelajaran Daring Untuk Mengetahui Kemampuan Berfikir Kritis Dan Hasil Belajar. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 253–265.
Dywan, A. A., & Airlanda, G. S. (2020). Efektivitas model pembelajaran project based learning berbasis stem dan tidak berbasis sTEM terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Basicedu, 4(2), 344–354.
Elder, L., & Paul, R. (2019). The thinker’s guide to analytic thinking: How to take thinking apart and what to look for when you do. Rowman & Littlefield.
Facione, P. A., & Facione, N. C. (2013). Critical thinking for life: Valuing, measuring, and training critical thinking in all its forms. Inquiry: Critical Thinking across the Disciplines, 28(1), 5–25.
Hutagalung, S. N., Yanny, A., & Hutabarat, S. A. (2020). Pelatihan electronic workbench (ewb) dalam pembelajaran fisika bagi siswa/i di sma citra harapan percut. Journal of Social Responsibility Projects By Higher Education Forum, 1(1), 9–11.
Kalelio?lu, F., & Gülbahar, Y. (2014). The effect of instructional techniques on critical thinking and critical thinking dispositions in online discussion. Journal of Educational Technology & Society, 17(1), 248–258. https://www.jstor.org/stable/jeductechsoci.17.1.248
Kazempour, E. (2013). The effects of inquiry-based teaching on critical thinking of students. Journal of Social Issues & Humanities, 1(3), 23–27.
Kokotsaki, D., Menzies, V., & Wiggins, A. (2016). Project-based learning: A review of the literature. Improving Schools, 19(3), 267–277. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/1365480216659733
Maryati, I. (2018). Penerapan model pembelajaran berbasis proyek dalam materi statistika kelas VIII sekolah menengah pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 467–476.
Murniati, A. R., & Usman, N. (2009). Implementasi manajemen stratejik dalam pemberdayaan sekolah menengah kejuruan. Perdana Publishing.
Mustofa, I., & Mollah, M. K. (2019). Bimbingan Konseling dalam Peningkatan Kualitas Belajar Mahasiswa Perguruan Tinggi Islam Negeri. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 2(2), 143–166. https://doi.org/https://doi.org/10.33367/ijies.v2i2.1007
Nurdin, S. (2018). Pengembangan kurikulum dan rencana pembelajaran semester (RPS) berbasis KKNI di perguruan tinggi. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 21–30. https://ojs.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/alfikrah/article/view/813
Pratiwi, E. T., & Setyaningtyas, E. W. (2020). Kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran project based learning. Jurnal Basicedu, 4(2), 379–388.
Putri, O. D., Nevrita, N., & Hindrasti, N. E. K. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sma Pada Materi Sistem Pencernaan. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 10(1), 14–27. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/bioedukasi.v10i1.2004
Putro, S. S. (2015). Pemanfaatan Aplikasi Electronic Workbench (EWB) Pada Mata Kuliah Logika Informatika Materi Gerbang Logika. Seminar Nasional Teknologi Pendidikan UM, 336–345.
Rambung, O. S., Sion, S., Bungamawelona, B., Puang, Y. B., & Salenda, S. (2023). Transformasi Kebijakan Pendidikan Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 598–612.
Rati, N. W., Kusmaryatni, N., & Rediani, N. (2017). Model pembelajaran berbasis proyek, kreativitas dan hasil belajar mahasiswa. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 60–71.
Robiyanto, A. (2021). Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar siswa. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 114–121.
Sappaile, B. I., Putro, A. N. S., Ahmad, S. N., Artayani, M., Zahir, L. A., & Andilah, S. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Penanaman Konsep Matematika pada Siswa Sekolah Menengah. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 8547–8557. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/innovative.v3i3.3155
Siswono, T. Y. E., & Novitasari, W. (2007). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pemecahan Masalah Tipe” What’s Another Way”. Jurnal Trasformasi, 1(1), 1–13.
Suardi, M. (2018). Belajar & pembelajaran. Deepublish.
Tanuwijaya, N. S., & Tambunan, W. (2021). Alternatif solusi model pembelajaran untuk mengatasi resiko penurunan capaian belajar dalam pembelajaran tatap muka terbatas di masa pandemic covid 19. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 80–90. https://doi.org/https://doi.org/10.33541/jmp.v10i2.3272
Umar, M. A. (2016). Penerapan pendekatan saintifik dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) pada mata pelajaran Kimia. Jambura Journal of Educational Chemistry, 11(2), 132–138.
Virtue, E. E., & Hinnant-Crawford, B. N. (2019). “We’re doing things that are meaningful”: Student perspectives of project-based learning across the disciplines. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 13(2).
Williams, J. D., & Williams, J. (2011). How Science Works Teaching and Learning in the Science Classroom. Continuum.
Winangun, K. (2017). Pendidikan vokasi sebagai pondasi bangsa menghadapi globalisasi. Jurnal Taman Vokasi, 5(1), 72–78. https://doi.org/https://doi.org/10.30738/jtv.v5i1.1493
Zubaidah, S. (2016). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan, 2(2), 1–17
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ridwan Ridwan, Mutiara Nurmanita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




