PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS RISET TEMATIK KELAS IV SEMESTER 1 DI SD MUHAMMADIYAH 1 PAITON

Authors

  • Sigit Prasetyo Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Rufi’i Rufi’i Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Hartomo Hartomo Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21048

Keywords:

Modul, Pembelajaran, Riset, Tematik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul dalam pembelajaran dengan berbasis riset tematik yang dieruntukkan pada peserta didik padajenjang kelas 4 pada semester 1 di Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Paiton. Pengembangan ini dilakukan disebabkan selamaini belum adanya modul pembelajaran disekolah yang berbasi Riset Tematik. Pengembangan modulpembelajaran dikembangan dengan menggunakan model pengembangan Dick and Carey. Penelitian yang dilakukan melibatkan validasi ahli isi, ahli desain dan teman sejawar, sedangkan dalam uji produk dilakukan pada siswa sebanyak 30 responden uji coba. Hasil penelitian telah menunjukkan bahwa Validasi ahli desain memperoleh kelayakan dengan validasi 92,5%, ahli media = 100%, ahli materi = 93,75% dan teman sejawat = 92,5%. Ini menyimpulkan bahwa produk yang dikembangkan layak untuk diuji cobakan kepada peserta didik. Hasil uji coba kelpmpok kecil memperoleh tanggapan 89,75%, dan uji coba kelompok besar memperoleh tanggapan peserta didik 91,125%. Sebagai kesimpulan bahwa produk yang dikembangkan dapat dipergunakan sebagai pedoman dalam pembelajaran karena produk ini memperoleh tanggapan memenuhi dan dapat diterima oleh peserta didik. Hasil ini dibuktikan juga dari hasil tes pengetahuan yang dilakukan bahwa semua peserta didik mendapatkan nilai ketuntasan sesuai standar yang diinginkan.

References

Abdillah, L. A., Hs, S., Muniarty, P., Nanda, I., Retnandari, S. D., Wulandari, W., Prasetyo, A. H., Sinambela, S., Mansur, M., Aulia, T. Z., & Others. (2021). Metode Penelitian Dan Analisis Data Comprehensive. Penerbit Insania. Https://Books.Google.Co.Id/Books? Id=Dsy5eaaaqbaj

Assingkily, M. S., Fauzi, M. R., Hardiyati, M., & Saktiani, S. (N.D.). Desain Pembelajaran Tematik Integratif Jenjang Mi/Sd (Dari Konvensional Menuju Kontekstual Yang Fungsional). Penerbit K-Media. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=Sky6eaaaqbaj

Borashkyzy, A. U., Amina, A., Eshtayevna, S. Z., Userkhanovna, K. K., Myktybaevna, D. D., & Issaevna, B. A. (2020). The Evaluation Of Primary School Teacher Role On Research Activities. International Journal Of Cognitive Research In Science, Engineering And Education, 8(3), 29–38. Https://Doi.Org/10.23947/2334-8496-2020-8-3-29-38

Cecep Kustandi, M. P., & Dr. Daddy Darmawan, M. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik Di Sekolah Dan Masyarakat. Prenada Media. Https://Books.Google.Co.Id/Books? Id=Cctydwaaqbaj

Dr. E. Kosasih, M. P. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Bumi Aksara. Https://Books. Google.Co.Id/Books?Id=Uz9oeaaaqbaj

Fahrurrozi, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran: Tinjauan Teoretis Dan Praktik. Universitas Hamzanwadi Press. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=Gyqneaaaqbaj

Fatirul, A. N., & Walujo, D. A. (2022). Metode Penelitian Pengembangan Bidang Pembelajaran (Edisi Khusus Mahasiswa Pendidikan Dan Pendidik). Pascal Books. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=Il1peaaaqbaj

Gunawan, R. (2022). Modul Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar /Modul Pembelajaran. Feniks Muda Sejahtera. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=F2jleaaaqbaj

Gunawan, S. P. I. M. A., Surianto, S. P. M. P. M., Dalmi Iskandar Sultani, S. P. I. M. P. I., Ahmad Ridwan, M. P. I., Siti Marisa, M. A. M. P., Muhammad Adyan Simanjuntak, S. T. M. M., Syarifuddin, S. P. I. M. A., Ahmad Asrin, S. A. M. A., & Prof. Dr. H. Fachruddin Azmi, M. A. (N.D.). Fenomena Pendidikan Abad 21: Responsi Dan Antisipasi Isu Memberdayakan Pendidikan Era Global. Penerbit K-Media. Https://Books.Google. Co.Id/Books?Id=P-Ozeaaaqbaj

Haristah, H., Azka, A., Setyawati, R. D., & Albab, I. U. (2019). Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika Pengembangan Modul Pembelajaran. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(5), 224–236.

Hasanuddin, S. E. S. M. E., Chairunnisa, M. P., Winda Novianti, M. P. I., Syamsi Edi, S. P. M. P., Dr. Atiyah Suharti, M. P., Dr. Nur Chayati, N. M. K., I Putu Agus Dharma Hita, S. P. M. O. A., Saparuddin, M. P., Edi Purwanto, M. P. I., Lila Pangestu Hadiningrum, M. P., & Others. (2022). Perencanaan Pembelajaran (Kurikulum Merdeka Belajar). Sada Kurnia Pustaka. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=Ghcceaaaqbaj

Hidayah, R., & Wulandari, N. A. (N.D.). Optimalisasi Modul Pembelajaran: Sebuah Buku Untuk Optimalisasi Modul Dari Sisi Karakteristik Modul, Elemen Mutu Modul, Dan Keterbacaan Modul. Amerta Media. Https://Books.Google.Co.Id/ Books?Id=Jnv0eaa aqbaj

Iswindarti, I., Rufii, R., & Hartono, H. (2021). Pengaruh Penerapan Metode Learning By Conversation Dan Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 8(1), 116–125. Https://Doi.Org/10.21831/Jppfa.V8i2.38823

Julia, R. I., Nellitawati, N., Dahliana, D., Azima, N. F., & Yumna, Y. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 723–731. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V4i1.1857

Kamal, I. (2021). Modul Karakteristik Dan Hakikat Karya Ilmiah. Kamal Ahmad. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=-V0qeaaaqbaj

Kwon, S. B., Nam, D., & Lee, T. W. (2011). The Effects Of Convergence Education Based Steam On Elementary School Students’ Creative Personality. Proceedings Of The 19th International Conference On Computers In Education, Icce 2011, 783–785.

Maulana Arafat Lubis, M. P. (2020). Pembelajaran Tematik Sd/Mi. Prenada Media. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=Bbwreaaaqbaj

Maulinda, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, 5(2), 130–138.

Nana Diana, S. T. D. J., & Wulandari, S. (2023). Mengembangkan Media Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Stem. Syiah Kuala University Press. Https://Books. Google.Co.Id/Books?Id=Smfkeaaaqbaj

Nella Agustin, Dkk, Mardati, A., Sukma, H. H., Martaningsih, T., & Maryani, I. (2021). Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa (Antologi Esai Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar). Uad Press. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=Njs1eaaaqbaj

Putri, S. D., Ulhusna, M., Zakirman, & Gusta, W. (2020). Improvement Of Student Science Literacy Skills Through Edmodo-Based Teaching Materials In Learning Science In Elementary School. International Journal Of Scientific And Technology Research, 9(3), 4649–4652.

Rufii, R. (2015). Developing Module On Constructivist Learning Strategies To Promote Students’ Independence And Performance. International Journal Of Education, 7(1), 18. Https://Doi.Org/10.5296/Ije.V7i1.6675

Triyono, S. (2021). Dinamika Penyusunan E-Modul. Penerbit Adab. Https://Books.Google. Co.Id/Books?Id=1dmeeaaaqbaj

Zulaiha, F., & Kusuma, D. (2020). Pengembangan Modul Berbasis Stem Untuk Siswa Smp. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(2), 246–255. Https://Doi.Org/10.29303 /Jpft.V6i2.2182

Downloads

Published

2023-11-12

How to Cite

Prasetyo, S. ., Rufi’i, R., & Hartomo, H. (2023). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS RISET TEMATIK KELAS IV SEMESTER 1 DI SD MUHAMMADIYAH 1 PAITON. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1477–1488. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21048