FILOSOFI PENELITIAN KUANTITATIF DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20895Keywords:
Filosofi, Penelitian Kuantitatif, Positivisme.Abstract
Penelitian dilaksanakan untuk mengetahui sesuatu yang belum pasti akan kebenarannya, dengan sebuah ilmu pengetahuan dapat ditemukan dari inti permasalahan. Maka dilaksanakanlah suatu penelitian. Dalam praktiknya, metode penelitian ilmiah sering dilandasi dengan asumsi yang berpedoman pada paradigma yang menggambarkan sebuah keyakinan filosofis dalam memandu suatu tindakan untuk mengatasi masalah dalam penelitian. Deskripsi, penjelasan, dan klaim ilmiah tentang filosofi penelitian serta pengetahuan lengkap tentang filosofi penelitian hanya mungkin terjadi jika dijelaskan dengan menggunakan banyak kemungkinan paradigma dan perspektif filosofis. Karena pentingnya 'filosofi penelitian', tujuan makalah ini adalah untuk menjelaskan 'filosofi penelitian kuantitatif', menjelaskan secara singkat berbagai paradigma filosofis penelitian yang tersedia dalam penelitian. Metodologi yang digunakan dalam menyelsaikan makalah ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research). Kegiatan ini mengkaji kritis pemikiran tokoh-tokoh dan literatur buku, jurnal, dan yang berkaitan lainnya yang memang sesuai dengan materi yang akan disajikan. Penelitian kuantitatif merupakan penelitian yang berlandaskan pada filosofi positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, teknik pengambilan sampel pada umumnya dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Filosofi Positivisme berpandangan bahwa pengetahuan yang dapat dipercaya adalah pengetahuan faktual yang diperoleh melalui observasi dan pengukuran. Filosofi Positivisme berpandangan bahwa pengetahuan berasal dari pengalaman manusia.References
Abdullah, Ma’ruf. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Aswaja Perindo.
Alhaija, Ahmad Saifalddin Abu. 2019. “From Epistemology to Structural Equation Modeling: An Essential Guide in Understanding the Principles of Research Philosophy in Selecting the Appropriate Methodology”. Australian Journal of Basic and Applied Sciences 13, (9). 122-128.
Asmendri, dan Milya Sari. 2020. “Penelitian Kepustakaan ( Library Research ) Dalam Penelitian Pendidikan IPA.” Natural Science?: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA 6 (1).
Atqiya, A. B., Fanani, A. I., & Irawan, I. (2023). Penerapan Metode Penelitian Kuantitatif Dalam Manajemen Pendidikan Islam: Analisis, Tantangan, Dan Prospek. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(19), 39-45.
Ganesha. Aithal. 2022. “Why is it Called Doctor of Philosophy and Why Choosing Appropriate Research Philosophical Paradigm is Indispensable During Ph.D. Program in India?”. International Journal of Philosophy and Languages (IJPL) 1, (1). 1-16.
Harahap, Nursapia. Sri Delina Lubis. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Medan: Harapan Cerdas Publisher.
Hartono, Jogiyanto. (2017). Filosofi dan Metodologi Penelitian. Yogyakarta: BPFE.
Indrawan, Rully. Poppy Yaniawati. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Campuran untuk Manajemen, Pembangunan, dan Pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama.
Muhaise, Hussein. dkk. 2020. “The Research Philosophy Dilemma for Postgraduate Student Researchers”. International Journal of Research and Scientific Innovation (IJRSI) 7, (6).
Nugroho, Irham. 2016. “Positivisme Auguste Comte: Analisa Epistemologis Dan Nilai Etisnya Terhadap Sains”. CAKRAWALA XI, (2).
Priadana, Sidik. Denok Sunarsi. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Tanggerang: Pascal Books.
Pringgar, Rizaldy Fatha dan Bambang Sujatmiko. 2020. “Penelitian Kepustakaan (Library Research) Modul Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Pembelajaran Siswa,” Jurnal ITEDU 05, (1).
Putra, Gilang Kharisma. Dkk. 2023. “Dasar Filosofis Riset Kualitatif Dan Kuantitatif” Jurnal AbdiMas Ekonomi Terapan Universitas Selamat Sri 1, (2).
Radianto, Elia. 2023. “Interpretasi Modern tentang Teori dan Filosofis Penelitian”. KRITIS, Vol XXXII, (1). 56-74.
Romlah, Siti. 2021. “Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif”. Pancawahana: Jurnal Studi Islam. Vol 16, (1). 1-13.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.
Triono, Andit. 2020. “Hegemoni Positivisme Terhadap Pendidikan Di Indonesia”. Analytica Islamica 22, (1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Indra Ari Irvan, Muhammad Win Afgani, Muhammad Isnaini
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.