ANALISIS GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DI SMA NEGERI 3 TANA TORAJA

Authors

  • Siska Siska Universitas Kristen Indonesia
  • Mesta Limbong Universitas Kristen Indonesia
  • Witarsa Tambunan Universitas Kristen Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20683

Keywords:

Gaya Kepemimpinan, Etos Kerja Guru, Prestasi Belajar Siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap peningkatan semangat kerja guru, pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap hasil belajar siswa, dan pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah yang sesuai dengan kondisi sekolah terhadap peningkatan semangat kerja guru dan hasil belajar siswa. Metode kualitatif digunakan dalam penelitian ini karena ini bersifat sosial dan melihat berbagai fenomena dan perilaku manusia. Adapun 13 orang informan dalam penelitian ini yaitu wakil kepala sekolah berjumlah 4 orang dan guru mata pelajaran 9 orang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah SMAN 3 Tana Toraja memberikan dampak bagi peningkatan etos keguruan serta mendayagunakan seluruh komponen yang ada untuk mencapai tujuan yang diharapkan yang akan berdampak pula pada peningkatan hasil belajar siswa. Gaya kepemimpinan yang paling sesuai dengan konteks di SMA Negeri 3 Tana Toraja ialah gaya kepemimpinan demokratis, konsultatif dan delegatif karena gaya kepemimpinan tersebut melibatkan seluruh guru dalam pengambilan dan pelaksanaan keputusan, mengedepankan komunikasi antara kepala sekolah dan guru dan memberikan kepercayaan kepada guru dalam melasanakan tugas dan tanggung jawab.

References

Adhimah, Syifaul. "Peran orang tua dalam menghilangkan rasa canggung anak usia dini (studi kasus di desa karangbong rt. 06 rw. 02 Gedangan- Sidoarjo)." Jurnal Pendidikan Anak 9.1 (2020): 57-62.

Afandi, Mohammad. "Sikap Gaya Kepemimpinan, Kepribadian: Dampaknya Terhadap Kinerja." Jurnal RisetEntrepreneurship 4.2 2021): 49-54.

Angin, Y. H. P., Yeniretnowati, T. A., & Arifianto, Y. A. (2020). Implikasi Nilai Manusia Dalam Praksis Kepemimpinan Menurut Kejadian 1: 26-27. MAGNUM OPUS: Jurnal Teologi Dan Kepemimpinan Kristen, 2(1), 47-6

Ariyani, Rika. "Kepemimpinan kepala sekolah dalam pengembangan profesionalisme guru." Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban 5.1 (2017).

Darmuki, Agus, and Ahmad Hariyadi. "Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw pada Mahasiswa PBSI Tingkat IB IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2018/2019." KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra 2.2 (2019): 256-267

Duryat, DR H. Masduki, and Fiqih Fazriyansyah. PROPHETIC LEADERSHIP DALAM PENDIDIKAN:(Teori dan Implementasinya; Belajar Dari Kepala SMK Bina Insani Mulia Dukupuntang Cirebon). Penerbit Alfabeta, 2021

Emil H. Tambunan, Kunci Sukses (Bandung: Indonesia Publishing Hause, 2018), h. 151.

Fauzi, Fathul. "Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Supervisi Klinis." EDUSIANA: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam 7.2 (2020): 109-128.

Fitriyani, Fitriyani, Aidil Aidil, and Zainab Zainab. "Analisis Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Yang Ideal." El-Ghiroh: Jurnal Studi Keislaman 19.2 (2021): 177-185.

Ghofar, Abdul. "Fleksibilitas Kepemimpinan Pendidikan: Upaya Menciptakan Budaya Sekolah yang Berkarakter." Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam 1.1 (2017)

Handayani, Nunuk, and Elvira Hoesein Radia Slameto. "Efektivitas Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Ditinjau dari Hasil Belajar Siswa Kelas V SD pada Mata Pelajaran Matematika." International Journal of Elementary Education 2.1 (2018): 15-21.

Mulyasa, H. Enco. Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah. Bumi Aksara, 2022.

Panjaitan, Doli Tua Mulia Raja, and Dearma Sariani Sinaga. "Efektifitas Gaya Kepemimpinan Camat Di Kecamatan Cidadap Kota Bandung." JURNAL GOVERNANCE OPINION 4.2 (2020): 96-105

Rhamdan,Donna,SitiMulyani,and SriHerdiana.Deskripsikepemimpinan Dan Supervisi Sekolah Di Sd It Ululalbab Tarakan." Edukasia: Jurnal Pendidikan 6.2 (2019).

Rizaldi, Arjuna. "Peningkatan Motivasi Kerja Melalui Gaya Kepemimpinan." Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan 11.2 (2017): 151-170.

Rosyid, Moh Zaiful, et al. Prestasi belajar. Literasi Nusantara, 2019

Siti, Rukamah. Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membiasakan Pelaksanaan Shalat Berjamaah Di Smp Asysyifa Darussalam Lampung Utara. Diss. Uin Raden Intan Lampung, 2020..

Suarga, Suarga. "Efektivitas Penerapan Prinsip-Prinsip Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu Layanan Administrasi Pendidikan." Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan 1.1 (2017)

Sudarwan dan Khairil, Profesi Kependidikan (Bandung: Alfabeta, 2015), h. 5. Sulfemi, Wahyu Bagja. "Kemampuan pedagogik guru." (2019).

Sulistiono, Budi, and Sulistyo Basuki. "Kajian arsip keagamaan: studi kasus Masjid Istiqlal, Masjid Luar Batang Jakarta, dan Masjid Syuhada Yogyakarta."(2017)

Sulistiyo, Tri Djoko, and Rina Fitriana. "Pengaruh Marketing Media Sosial Instagram Terhadap Brand Image The Bunker Café, Tangerang." Jurnal Ekbis 21.2 (2020): 189-203.

Syamsul,Herawati.Penerapan kepemimpinankepalasekolahdalam meningkatkan kinerja guru pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP)." Idaarah: urnal Manajemen Pendidikan 1.2 (2017).

Tambunan, Witarsa. "tahun hidup dalam Kebhinekaan (Pandangan Kritis dari sisi Pendidikan Politik): CV." Literasi Nusantara Abadi (65).2020

Tingkat IB IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2018/2019." KREDO

Ulum, M. Bustanul. "Urgensi supervisi pendidikan di sekolah." FALASIFA: Jurnal Studi Keislaman 9.2 (2018): 127-134.

Wahyudi, Ahmad, Sabar Narimo, and Wafroturohmah Wafroturohmah Wafroturohmah. "Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa." Jurnal Varidika 31.2 (2020): 47-55.

Yemmy, Yemmy. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di SD Negeri Se-Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur. Diss. Universitas Negeri Makassar, 2019.

Yuliyanto, Yuliyanto. Pengaruh pengawasan eksternal dan motivasi berprestasi guru terhadap kinerja guru madrasah ibtidaiyah negeri di Kabupaten Lampung Utara. Diss. UIN Raden Intan Lampung, 2017.

Downloads

Published

2023-10-29

How to Cite

Siska, S., Limbong, M. ., & Tambunan, W. . (2023). ANALISIS GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DI SMA NEGERI 3 TANA TORAJA . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1027–1033. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20683