PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PKN SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

Authors

  • Olvi Steva Surentu Universitas Negeri Manado
  • Juliana Margareta Sumilat Universitas Negeri Manado
  • Deysti Trifena Tarusu Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20614

Keywords:

Media Puzzle, Minat Belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan tujuan untuk merancang dan menguji produk pendidikan. Peneliti menerapkan model pengembangan Borg and Gall. Hasil validasi menunjukkan tingkat keabsahan media sebesar 95%, sementara materi mencapai 92%. Fokus dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran mengenai efektivitas pengembangan media pembelajaran berupa Puzzle dalam meningkatkan minat belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) pada siswa. Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas III SD Inpres Kayawu sebanyak 17 orang, terdiri dari 7 laki-laki dan 10 perempuan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui angket atau kuesioner. Analisis data menggunakan pendekatan statistik inferensial dengan menerapkan uji-t untuk menguji signifikansi dalam satu kelompok, terutama dalam konteks pengembangan media Puzzle. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan Media Puzzle terhadap Minat Belajar PKN siswa. Analisis statistik inferensial dengan menggunakan rumus uji-t menghasilkan nilai t Hitung sebesar 1,823 dengan derajat kebebasan (dk) = (? ; 17 – 2) = (0,05 ; 15). Pada tingkat signifikansi 5%, diperoleh nilai t Tabel = 1,753. Oleh karena itu, t Hitung > t Tabel.

References

Aisyah dan Susanti,H. (2016). Analisis kemampuan penalaran logis siswa yang memiliki gaya berpikir gaya berpikir sekuensial abstrak. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan UNY.

Fadhil. (2010). Buku Pintar Kesehatan Anak. Yogyakarta: Pustaka Anggrek.

Ngalimun. (2017). Ilmu Komunikasi Sebuah Pengantar Praktis. Yogyakarta: PT Pustaka Baru Pers.

Sugiyono, 2021. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2022. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Tukiran Taniredja, dkk 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif dan Kreatif. Bandung: cv. Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 (2003).Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Downloads

Published

2023-10-29

How to Cite

Surentu, O. S. ., Sumilat, J. M. ., & Tarusu, D. T. . (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PKN SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 959–963. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20614