PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PADA OPERASI HITUNG PEMBAGIAN DI KELAS III SEKOLAH DASAR DENGAN METODE TUSUK SATE
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20608Keywords:
Perangkat Pembelajaran, Operasi Hitung Pembagian, Metode Tusuk SateAbstract
Matematika menempati peran sentral dalam seluruh ranah kehidupan, terutama dalam memperkaya kapasitas berpikir manusia. Tujuan dari kajian ini adalah merancang alat pembelajaran untuk operasi pembagian dengan menerapkan metode Tusuk Sate. Instrumen pembelajaran yang esensial untuk mengelola proses pendidikan meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Bahan Ajar, Lembar Kerja Peserta Didik, dan Instrumen Penilaian. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan memanfaatkan model pengembangan Thiangarajan, dikenal sebagai model 4D yang mencakup tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Meskipun demikian, model pengembangan telah disesuaikan menjadi tiga tahap, yaitu pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa (1) validasi instrumen pembelajaran seperti Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Bahan Ajar, dan Lembar Kerja Peserta Didik mendapatkan skor 3,85, yang masuk dalam kategori sangat baik, (2) skor keterlaksanaan pembelajaran mencapai rata-rata 3,4 (Uji Coba 1) dan 3,8 (Uji Coba 2).References
Anjani, A., Syapitri, G. H., & Lutfia, R. I. (2020). Analisis Metode Pembelajaran di Sekolah Dasar. FONDATIA, 4(1), 67-85.
Birillina, N., & Hartatik, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Materi Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian di Kelas 3 SD Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. MUST: Journal of Mathematics, Science and Technology, 4(2), 217-229.
Ernawati, E., & Wiwik, W. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (Nht) Untuk Poko Bahasan Persamaan Garis Lurus. Infinity: Jurnal Matematika dan Aplikasinya, 2(1), 11-21.
Guswandi, E. (2023). The Problems of Students' mathematics Learning at Grade 5 SDN 14 Koto Anau in the post Pandemic Era. TOFEDU: The Future of Education Journal, 2(2), 444-448.
Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model pembelajaran kooperatif dalam menumbuhkan keaktifan belajar siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1-13.
Lubis, A. P. A. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Model Pembelajaran Inquiry Untuk Meningkatkankemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smp (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).
Rahmawati, D. N., Nisa, A. F., Astuti, D., Fajariyani, F., & Suliyanti, S. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz sebagai Media Penilaian Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(1), 55-66.
Rohana, I. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Kelas VIII SMPS Methodist Pekanbaru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).
Siregar, R. N., Karnasih, I., & Hasratuddin, H. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Dan Self-Efficacy Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Glasser, 4(1), 45-63.
Subando, J. (2022). Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Penerbit Lakeisha.
Susana, A. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Discovery Learning Materi Pewarisan Sifat pada Makhluk Hidup Berfokus pada Self Efficacy dan Metakognisi (Doctoral dissertation, Universitas Lampung).
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 1 Ayat 1. (t.thn.).
Uno, H. B., & Mohamad, N. (2022). Belajar dengan pendekatan PAILKEM: pembelajaran aktif, inovatif, lingkungan, kreatif, efektif, menarik. Bumi Aksara.
Uno, H. B. (2023). Perencanaan pembelajaran. Bumi Aksara.
Weni, M., Widiani, U., & Zuliani, R. (2023). Meningkatkan Kemampuan Menghitung dengan Media Papan Hitung pada Siswa Kelas 2 SD Negeri Petir 2 Kota Tangerang. MASALIQ, 3(5), 741-749. https://doi.org/10.58578/masaliq.v3i5.1356
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Altriani Siso
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.