PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TANGGA PINTAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI SATUAN PANJANG KELAS III SD

Authors

  • Linda Astriani Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Yuniar Agil NUrfaizah Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20378

Keywords:

Media Pembelajaran Tangga Pintar, Kemampuan Pemahaman Matematis siswa, Sekolah Dasar

Abstract

Rendahnya pemahaman matematika siswa kelas III SD tentang satuan panjang menjadi pendorong dilakukannya penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana media pembelajaran tangga pintar mempengaruhi kemampuan siswa kelas III SD dalam pemahaman matematis pada materi satuan panjang. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kuantitatif eksperimen dengan design True Experimental Design dengan Posttest Only Control Design. Sampel yang digunakan adalah 46 siswa kelas III SD Negeri Serua 04 tahun ajaran 2022/2023 semester ganjil, yang diambil dari kelas III A yang berjumlah 23 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas III B yang berjumlah 23 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes essay sebanyak 10 soal. Hasil perhitungan rata-rata posttest kemampuan pemahaman matematis didapatkan kelas eksperimen 78,15 sedangkan kelas kontrol 65 dan didapatkan nilai signifikan (2-tailed = 0,000 < 0,05) untuk uji hiptesis dengan independent sample t-test. Dengan demikian, kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan media pembelajaran tangga pintar secara signifikan memberikan pengaruh terhadap kemampuan siswa dalam pemahaman matematis.

References

Alan, U. F., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition dan Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 68-78.

Astriani, L., & Iswan. (2020). Pengaruh Pembelajaran Terpadu Model Tersarang (Nested) Terhadap Pemahaman Konsep Keliling Dan Luas Bangun Datar. Jurnal Perseda, 3(2), 63-68.

Foridiana, dkk. (2021). Analisis Kemampuan Berhitung Dengan Penerapan Media Tangga Pintar Pada Anak Kelompok B di Paud Ibnu Sina Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(2).

Hayati dan Rahmawati. (2017). Pengaruh Media Tangsapan Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Pengukuran Panjang Siswa Kelas 3 Tema 6 Subtema 1 SDN Babatan I Surabaya. Jurnal Penelitian PGSD. 5 (3), 1-12.

Jonkenedi. (2017). Penggunaan Media Tiga Dimensi Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(6), 590-598.

Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Surabaya: Bintang Surabaya.

Mendrofa, R. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII Smps Pembda 2 Gunungsitoli. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 139–146.

Nabila, N. (2021). Konsep Pembelajaran Matematika SD Berdasarkan Teori Kognitif Jean Piaget. JKPD) Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 6(1), 69–79.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Sundayana, R. (2016). Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Syafri, F. S. (2016). Pembelajaran Matematika?; Pendidikan guru SD/MI. Yogyakarta: Matematika.

Waruwu, A. L. M., & Zega, Y. (2023). Pengaruh Model Scaffolding Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Self-Efficacy Siswa. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 6(3), 245–251.

Wati, I., Nurcahyono, N. A., & Agustiani, N. (2022). Eksperimentasi Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Ditinjau Dari Kecemasan Matematika. Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3342–3357.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Astriani, L., & Agil NUrfaizah, Y. . (2023). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TANGGA PINTAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI SATUAN PANJANG KELAS III SD . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 4341–4347. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20378