STRATEGI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA TINGKAT SLTA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING

Authors

  • Everhard Markiano Solissa Universitas Pattimura
  • Utomo Utomo Universitas Muhammadiyah Kendal Batang
  • Sri Kadarsih STIE Syari’ah Al Mujaddid
  • Djuniawan Karna Djaja Universitas Gunung Kidul
  • Pahmi Pahmi IAI Nusantara Batang Hari
  • Joni Wilson Sitopu Universitas Simalungun

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.19372

Keywords:

Strategi Penguatan, Pendidikan Karakater, & Project Based Learning.

Abstract

Tantangan pendidikan pada tingkat SLTA pada abad 21 ini khususnya di Indonesia tidak  hanya berfokus pada masalah konvensional yaitu pemerataan dan pemenuhan akses, sarana prasarana dan pembiayaan pendidikan, tetapi juga kualitas lulusan yang harus memiliki intelekual yang ahli dibidangnya sekaligus mempunyai moralitas tinggi. Melihat kondisi tersebut ketersediaan sumber daya manusia yang berkarakter merupakan kebutuhan yang sangat penting. Ini dilakukan untuk mempersiapkan tantangan global dan daya saing bangsa, Sekolah Menengah atas harus mampu menyiapkan generasi yang memiliki kompetensi dan karakter yang baik (good character), dengan demikian strategi penguatan pendidikan karakter pada pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning membutuhkan suatu perencanaan yang terintegrasi. Implementasi pendidikan karakter beserta monitoring dan evaluasinya pun harus disiapkan dengan seoptimal mungkin. konsep pendidikan karakter secara terprogram dengan sebuah strategi yang baik seperti halnya strategi moral knowing, moral modelling, moral feeling ang loving, moral acting, punishment, habituasi. Hendaknya diterapkan di setiap sekolah tinggi hingga peserta didik memiliki satu kesatuan karakter baik yang tak terpisahkan (knowing, feeling, and acting) dalam kehidupan keseharianya.Top of Form

References

Abdul, M dan Dian, A,. (2010). Pedidikan karakter dalam perspektif Islam, Bandung: Insan Cita Utama.

Abdulloh, H. (2017). Pendidikan Karakter Berbasis Pesantren, Pelajar dan Santri dalam era IT & Cyber Culture, Surabaya: IMTIYAZ.

Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam konteks Kurikulum 2013. Bandung : Refika Aditama.

Amirullah, S. (2012). Buku Pintar Pendidikan Karakter; Panduan Lengkap Mendidik karakter Anak di Sekolah, Madrasah, dan Rumah, Jakarta: As@-Prima Pustaka.

Daryanto. (2014). Pendekatan pembelajaran saintifik kurikulum 2013. Yogyakarta : Gava Media.

Doni, K. (2007). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, Jakarta: Grasindo.

Fatchul Mu’in,. (2011). Pendidikan Karakter Kontruksi Teoretik dan Praktik, Jogjakarta: Ar-ruzz Media.

Heri, C. (2016). Pendidikan Karakter: Strategi Pendidikan Nilai dalam Membentuk Karakter Religius, Jurnal Ri?ayah, 1(2) : 234.

Kemendiknas, (2010). Bahan Pelatihan Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Kosasih, E., (2014). Strategi belajar dan pembelajaran implementasi kurikulum 2013. Bandung : Yrama Widya.

Muhammad, I., (2013). Psikologi Pendidikan: Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran, Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Suhana., C. (2014). Konsep Strategi Pembelajaran Bandung : Refika Aditama.

Syamsul, K. (2014). Pendidikan Karakter; Konsepsi dan Implementasinya Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Teguh, T. (2014). Pengantar Pendidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Undang No 12 tahun 2011 tentang pembentukan peraturan perundang-undangan (Lembaga Negara Republik Indonesia Tahun 2011 Nomor 82, Tambahan Lembaga Negara Republik Indonesia Nomor 5234).

Yahya Khan,. (2010). Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri: Mendongkrak Kualitas Pendidikan, Yogyakarta: Pelangi Publishing.

Downloads

Published

2023-09-27

How to Cite

Solissa, E. M. ., Utomo, U., Kadarsih, S. ., Djaja, D. K., Pahmi, P., & Sitopu, J. W. . (2023). STRATEGI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA TINGKAT SLTA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 757–765. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.19372

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)