MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI KPK DAN FPB MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING KELAS V UPTD SDN 214 INPRES BAWALANGIRI KABUPATEN MAROS

Authors

  • Zulfa Hamidatul Mufarida Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Silvana Hamid Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Qalbi Abd. Aziz Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nuzalia Nuzalia Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Syamsuriyanti Syamsuriyanti Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.22714

Keywords:

Hasil Belajar, Problem Based Learning, Pembelajaran.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah  untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas V UPTD SDN 214 Inpres Bawalangiri melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa  penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika, hal ini dibuktikan dengan hasil tes siswa pada setiap siklus yaitu pada siklus I dengan persentase 85% meningkat menjadi 92% pada siklus II, dan meningkat menjadi 94% pada siklus III. Terjadinya peningkatan persentase kehadiran siswa dalam proses pembelajaran, siswa fokus pada materi pelajaran yang sedang berlangsung, siswa antusias dalam belajar dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning, siswa aktif mencatat materi pelajaran dari Guru, siswa aktif bertanya dan menjawab materi yang terkait dengan pembelajaran, dan siswa bekerja sama dengan kelompok.

References

Agustami, dkk. 2021. Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal materi lingkaran. Prodi pendidikan matematika, 3(1) : 224-226.

Agustiani, dkk. 2022. Filsafat Pendidikan Matematika. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi.

Chaerul, Huda Dkk. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Mengimplementasi Program Microsoft Excel Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Administrasi Kepegawaian Di SMK Negeri 1 Surakarta. Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 1(1) : 41.

Husnul, Hotimah. 2020. Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukasi, 7(3) : 6-8.

Kamarullah. 2017. Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1) : 22.

Kamarullah. 2017. Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1) : 29.

Marhamah, Saleh. Strategi Pembelajaran Fiqh Dengan Problem Based Learning. Didaktika, 14(1) : 204.

Resti, Ardianti dkk. 2021. Problem Based Learning Apa Dan Bagaimana. Physics Education And Applied Physics, 3(1) : 31-35.

Zebua, Try Gunawan. 2020. Studi Literature Problem Based Learning Untuk Masalah Motivasi Bagi Siswa Dalam Belajar Matematika. Bogor: Geupedia.

Downloads

Published

2024-01-24

How to Cite

Mufarida, Z. H., Hamid, S. ., Aziz, Q. A. ., Nuzalia, N., & Syamsuriyanti, S. (2024). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI KPK DAN FPB MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING KELAS V UPTD SDN 214 INPRES BAWALANGIRI KABUPATEN MAROS. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 1117–1124. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.22714