PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PBL DALAM PEMBELAJARAN PKN PADA KELAS 2 SDN SUMENDI 1 KABUPATEN PROBOLINGGO

Authors

  • Nailatul Hidayah Nailatul Hidayah Universitas Panca Marga
  • Ribut Prastiwi Sriwijayanti Universitas Panca Marga

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26598

Keywords:

Hasil Belajar, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi (Menaati Aturan di Sekitarku) siswa kelas II SDN Sumendi 1 Kabupaten Probolinggo. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK)  yang terdapat 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Dilaksanakan dalam 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri 2 kali pertemuan dalam 1 minggu selama 2 minggu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Sumendi 1 Kabupaten Probolinggo dengan jumlah  26 siswa terdiri dari 14 laki-laki dan 12 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.Hasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat yang awalnya pada siklus 1 sebesar 59% dan pada siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 28% menjadi 81%. Selanjutnya untuk hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai siswa pada pre tes yaitu 65,76 dengan persentase 50%, pada siklus 1 menjadi 73,82 dengan persentase 71,43%, dan pada siklus 2 meningkat menjadi 85 dengan persentase 92,85%. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SDN Sumendi 1 Kabupaten Probolinggo.

References

Eismawati, E., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran problem based learning (PBL) siswa kelas 4 SD. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 71–78.

Jainiyah, J., Fahrudin, F., Ismiasih, I., & Ulfah, M. (2023). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1304–1309. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.284

Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin?: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49–60. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283

Sari, S. M., & Ganing, N. N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Ekosistem Muatan Ipa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(2), 288–298.

Susilo, A. A. (2020). Peran Guru Sejarah dalam Pemanfaatan Inovasi Media Pembelajaran. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(2), 79. https://doi.org/10.32585/jkp.v4i2.649

Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian tindakan kelas. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Downloads

Published

2024-04-13

How to Cite

Nailatul Hidayah, N. H., & Sriwijayanti, R. P. (2024). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PBL DALAM PEMBELAJARAN PKN PADA KELAS 2 SDN SUMENDI 1 KABUPATEN PROBOLINGGO. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4772–4788. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26598