MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PBL PADA SISWA KELAS III SD INPRESS 1 RUMOONG ATAS

Authors

  • Sartika Jefanty Wurangian Universitas Negeri Manado
  • Mayske Rinny Liando Universitas Negeri Manado
  • Danny A. Masinambow Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24739

Keywords:

Hasil Belajar, Problem Based Learning, SD Inpres 1 Rumoong Atas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tematik dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) bagi siswa kelas III SD Inpres 1 Rumoong Atas. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan empat tahapan yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas III SD Inpres 1 Rumoong Atas dengan jumlah 9 orang siswa di antaranya 7 orang perempuan dan 2 orang laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini bersumber dari siswa-siswi dengan guru kelas dalam proses belajar mengajar. Selain itu jenis data yang diambil menggunakan lembar penilaian guru, siswa. Dan lembar observasi. Hasil yang diperoleh saat peneliti melakukan observasi yang mencapai KKM hanya 4 orang siswa dan 5 orang siswa tidak mencapai KKM dan setelah peneliti menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Hasil yang dicapai oleh siswa pada siklus I adalah 68,88%, hasil tersebut belum mencapai standar ketuntasan belajar dan pada siklus yang II hasil yang dicapai yaitu 87,77% hasil tersebut sangat memuaskan karena telah mencapai standar ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik di kelas III SD Inpres 1 Rumoong Atas.

References

Afandi, M. (2011). Cara efektif Menulis Karya Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Dasar dan Umum. Bandung: ALFABETA.

Amir, T. (2010). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana.

Anggreani, N. E. (2019). strategi pembelajaran dengan model pendekatan pada peserta didik agar terciptanya tujuan pendidikan di era globalisasi. SocienceEdu, 2(1), 75.

Aqib, Z. D. (2011). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD, SLB, dan TK .

Bandung: Yrama Widya.

Enriko, L., Juliana, S., & Mayske, L. (2022, Mei). Pengaruh Penggunaan Media

Kadir, A., & Asrohah, H. (2014). Pembelajaran Tematik. Bandung: PT Grafindo Persada.

Pembelajaran Pada Pembelajaran Tematik Tema 4 kelas 2 SD Negeri 2 Tomohon. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 65-78.

Permendikbud Nomor 66 Tahun 2013 Tentang Standart Penelitian Pendidikan.

Rahman, T. (2018). Model-model pembelajaran dalam PTK. Semarang: CV Pilar Nusantara.

Liando, M. R., & Kadamehang, G. (2023). ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN DAN PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SD NEGERI 1 MANADO. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 639-645.

Downloads

Published

2024-01-22

How to Cite

Wurangian, S. J., Liando, M. R., & Masinambow, D. A. (2024). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PBL PADA SISWA KELAS III SD INPRESS 1 RUMOONG ATAS. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 1014–1018. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24739