PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP PEMAHAMAN MATERI PEMBELAJARAN

Authors

  • I Wayan Karang Utama Institut dan Bisnis Stikom Bali
  • Kun Mardiwati Rahayu Universitas Al Azhar Indonesia
  • Lutfiana Fazat Azizah Universitas Wiraraja
  • Winarti Winarti Universitas Darul Ulum
  • Joni Wilson Sitopu Universitas Simalungun
  • Vandan Wiliyanti UIN Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29869

Keywords:

Augmented Reality, Pembelajaran IPA, Pemahaman Materi, Motivasi Siswa, Pembelajaran Interaktif

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh penggunaan teknologi Augmented Reality (AR) dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) terhadap pemahaman materi pelajaran siswa. Melalui metode studi literatur, berbagai penelitian sebelumnya dianalisis untuk mengevaluasi efektivitas AR dalam konteks pendidikan IPA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa AR dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep abstrak dan kompleks dalam IPA dengan menyajikan visualisasi tiga dimensi yang interaktif. Selain itu, penggunaan AR juga terbukti meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, serta mendorong pembelajaran kolaboratif dan kemampuan memecahkan masalah. Meskipun demikian, terdapat beberapa tantangan dalam implementasi AR di kelas, seperti biaya perangkat yang tinggi dan kebutuhan pelatihan bagi guru. Penelitian ini merekomendasikan agar sekolah dan institusi pendidikan mulai mengintegrasikan AR dalam kurikulum pembelajaran IPA dan menyediakan pelatihan yang memadai bagi guru. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengatasi keterbatasan ini dan mengeksplorasi penggunaan AR dalam berbagai konteks pendidikan yang berbeda.

Downloads

Published

2024-06-19

How to Cite

Utama, I. W. K. ., Rahayu, K. M. ., Azizah, L. F. ., Winarti, W., Sitopu, J. W. ., & Wiliyanti, V. . (2024). PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP PEMAHAMAN MATERI PEMBELAJARAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 7813–7821. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29869

Most read articles by the same author(s)