IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS LINGKUNGAN VOKASI MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA (PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA KELAS XII OTOMOTIF 1 DI SMK PGRI SURAKARTA TAHUN AJARAN 2023/2024 )
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28675Keywords:
Bahasa Inggris, Problem Based Learning (PBL), PTK, SMKAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar Bahasa Inggris di SMK PGRI 1 Surkarta. Peningkatan terdeteksi pada siklus ke 2 yang dilaksanakan di kelas XII Otomotif 1 SMK PGRI 1 Surakarta tersebut. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Penelitian dengan subjek siswa di SMK PGRI 1 Surakarta tersebut dilaksanakan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis lingkungan vokasi. Penjaringan data untuk hasil belajar, menggunakan tes, dan untuk mengetahui sikap belajar di lingkungan vokasi menggunakan angket. Sumber data lain diperoleh melalui analisis dokumen. Hasil dari penelitian diperoleh data di siklus 1 adalah nilai rata rata prestasi belajar adalah 55 masih di bawah KKM yaitu 60 yang ada di sekolah tersebut. Untuk siklus ke 2 memperoleh data dari hasil tes setelah perlakuan mengalami peningkatan sebesar 63. Ada peningkatan dibanding siklus 1. Berdasarkan hasil tersebut, maka disebutkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) mampu meningkatkan prestasi belajar Bahasa Inggris siswa di SMK PGRI 1 Surakarta. Dengan demikian, model PBL layak diimplemantasikan pada pembelajaran terkhusus Bahasa Inggris di SMK.References
Agung Setiawan. (2021). Problem Based Learning (PBL) Model For The 21st Century Generation. Workshop Penguatan Kompetensi Guru 2021, SHEs: Conference Series 4(6), 290– 296.
Ahim Surachim. (2016). Efektivitas Pembelajaran Pola Pendidikan Sistem Ganda. Bandung: penerbit Alfabeta.
Akhsanul In’am & Siti Hajar. (2021). The Effectiveness of Online Mathematics Learning. AMCA Journal of Community Development, 1(2), 35-38. DOI 10.51773/ajcd.v1i2.68
Andina Amalia, & Nurus sa’adah. (2020). dampak pandemi covid-19 terhadap kegiatan belajar mengajar di Indonesia. Jurnal Psikologi, 13(2), 214-225. https://doi.org/10.35760/psi.2020.v13i2.3572
Anette Markula & Maija Aksela. (2022). The key characteristics of project-based learning: how teachers implement projects in K-12 science education. Disciplinary and Interdisciplinary Science Education Research, 4(2), 1-17. https://doi.org/10.1186/s43031-021-00042-x
Anhar Djamaluddin, & Wardana. (2019). Belajar dan pembelajaran: 4 Pilar Peningkatan Kompetensi pedagogis. Sulawesi selatan: CV Kaafah Learning Center.
Asep Firmansyah & Nahnu Robid Jiwandono. (2022). Kecenderungan Guru dalam Menerapkan Pendekatan Student Centered Learning dan Teacher Centered Learning dalam Lembelajaran. JGI: Jurnal Guru Indonesia, 2(1), 33-39.
Aunurrahman. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: penerbit Alfabeta.
Dedi Darwis, A. Ferico Octaviansyah Pasaribu, & Sampurna Dadi Riskiono. (2020). Improving Normative and Adaptive Teacher Skills in Teaching PKWU Subjects. Mattawang: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 3-38. https://doi.org/10.35877/454RI.mattawang213.
Didit Nantara. (2022). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan di Sekolah dan Peran Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2251-2260.
Dudi Iskandar & Muhammad Isnaeni. (2019). Penggunaan Internet di Kalangan Remaja di Jakarta. Cmmunicare: Journal of Communication Studies, 6(1), 57-72
Eka yulianti, & indra gunawan. (2019). Model pembelajaran problem based learning (pbl): efeknya terhadap pemahaman konsep dan berpikir kritis. Indonesian journal of science and mathematics education, 2(3), 399-408.
Febrinna Marchy, Atma Murni, Kartini & Ilham Muhammad. (2022). The Effectiveness of Using Problem-Based Learning (PBL) in Mathematics Problem- Solving Ability for Junior High School Students. Journal of Mathematics Education, 8(2), 185-198.
Fitri Arsih, Siti Zubaidah, Hadi Suwono, & Abdul Gofur. (2021). RANDAI Learning Model to Enhance Pre-Service Biology Teachers' Critical Thinking Skills. International Journal of Instruction, 14(2), 845-860.
Felixtian Teknowijoyo & Leni Marpelina, (2021). Relevansi Industri 4.0 dan Society 5.0 terhadap Pendidikan di Indonesia. Educatio: Jurnal Ilmu Kependidikan, 16(2), 173-184.
Giok Ade Surti, Putu Sudira, Farid Mutohhari, Suyitno Suyitno, & Muhammad Nurtanto. (2022). Project-Based Learning with STEM Approach in Automotive Engineering: A Study of Increasing Students' 21st Century Skills. JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN, 55 (2), 299-312.
Haris Mudjiman. (2011). Belajar Mandiri: Self Motivated Learning. Surakarta: LLP UNS & UPT UNS Press.
Husnul Hotimah. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam
Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3): 5-11.
Ika Putri Wulandari, Rochmad, & Sugianto. (2020). Integrated Between DAPIC Problem Solving Model and RME Approach to Enhance Critical Thinking Ability and Self Confidence. Anatolian Journal of Education, 5(2), 73 -84.
Indri Andini, Nur Afria Nanda Safitri, & Hendri. (2022). Analisis Efek Pandemi Covid-19 Terhadap Pendidikan di Indonesia. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen (JIKEM), 2(1), 196-204.
Ishak Abdulhak, & Deni Darmawan. (2013). Teknologi Pendidikan. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya.
I dewa Ayu Anom Suryati. (2023). Peningkatan Aktivitas dan hasil belajar Kognitif Peserta Didik pada Mata pelajaran Ekonomi Materi Menganalisis Indeks Harga dan Inflasi melaului Model Pembelajaran Discovery Learning. Journal of Education Action Research, 7(4), 481 – 488.
Joupy G. Z. Mambu, Dedek Helida Pitra, Aziz Rizki Miftahul Ilmi, Wahyu Nugroho, Natasya V. Leuwol , & Andi Muh Akbar Saputra. (2023). Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence (AI) Dalam Menghadapi Tantangan Mengajar Guru di Era Digital. Journal on Education, 6(1), 2689- 2698
Marmida. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas IX B SMP Negeri 24 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2019/2020. JURNAL GURU INDONESIA, 3(5), 137-149.
Mellyta Uliyandari, Emilia Candrawati2, Anna Ayu Herawati3, Nurlia Latipah. (2021). Problem-Based.Learning.To.Improve Concept Understanding and Critical Thinking Ability of Science Education Undergraduate Students. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 2(1), 65-72.
Muh. Andi Setiawan. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Muh. Arif, Lalu Suhirman, Perdy Karuru, Aleda Mawene, Agus Supriyadi, Junaidin, Wayan Mahardika Prasetya Wiratama, Sumarni Rumfot, Arifi, & Singgih Prastawa. (2024). Konsep Dasar Teori Pembelajaran. Batam: Yayasan Cendikia Mulia Mandiri.
Muhammad Yahya, Hidayat, & Wahyudi. (2023).Implementasi Artificial Intelligence (AI) di Bidang Pendidikan Kejuruan Pada Era Revolusi Industri 4.0. prosiding seminar nasional dies natalis ke-62, https://journal.unm.ac.id/index.php/semnasdies62/index.
Muntasir & indra Akbar. (2023). Revisiting the Significance of ZDP and Scaffolding in English Language Teaching. Journal of English Language Teaching, Linguistics and Literature, 3(1), 40-45.
Nofri Hendri. (2020). Merdeka Belajar; antara Retorika dan Aplikasi. E-Tech Journal, 8(1), 21-29.
Nunuk Suryanti & Nurhuda. (2021). the Effect of Problem-Based Learning with an Analytical Rubric on the Development of Students’ Critical Thinking Skills. International Journal of Instruction, 14(2), 665-684.
Ratnawati Mamin. (2008). Penerapan Metode Pembelajaran Scaffolding Pada Pokok Bahasan Sistem Periodik Unsur. Jurnal Chemica, 10 (2), 55-60.
Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Rusmono. (2014). Strategi Pembelajaran Problem Based Learning itu Perlu: untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Rusno. (2010). pengaruh penggunaan internet sebagai salah satu sumber belajar terhadap prestasi mahasiswa pendidikan ekonomi universitas kanjuruhan malang. Jurnal Ekonomi MODERNISASI, 6(2), 161-172.
Shan Duta Sukma Pradana, Parno, & Supriyono Koes Handayanto. (2017). Pengembangan Tes Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Optik Geometri untuk Mahasiswa Fisika. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(1), 51-64.
Saur Tampubolon. (2014). Penelitian Tndakan Kelas: Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan.. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Siti Sara, Suhendar, & Rizki Yanuar Pausi. (2020). Analisis Higher Order Thinking skill (HOTS) siswa kelas VIII Pada Materi Sistem Pernafasan Manuasia. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 5(1), 52-61.
Soni Mulyawan Setiana, Linda Setiawati, & Mujahidil Mustaqim. (2019). Hard Skills Versus Soft Skills: How Do they Affect Different Job Types of Japanese Language Graduates? International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 18(11), 176-192. https://doi.org/10.26803/ijlter.18.11.10
Tasrif, T. (2022). Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam pembelajaran social studies di sekolah menengah atas. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 10(1), 50-61. https://doi.org/10.21831/jppfa.v10i1.29490
Uswatun Hasanah, I Made Astra, & Mohamad Syarif Sumantri. (2023). Exploring the Need for Using Science Learning Multimedia to Improve Critical Thinking Elementary School Students: Teacher Perception. International Journal of Instruction, 16(1), 417-440.
Utami Munandar. (2004). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Vinni Dini Pratiwi, & Wuri Wuryandari. (2020). Effect of Problem Based Learning (PBL) models on Motivation and Learning Outcomes in Learning Civic Education. Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(3), 401-412.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Singgih Prastawa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.