MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA MATERI LISTRIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING KELAS VI UPTD SDN 214 INPRES BAWALANGIRI KABUPATEN MAROS

Authors

  • Aqilah Salsabila Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nur Fitrah Julianti Patta Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Mufidatul Asmi Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sri Wahyuni Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Syamsuriyanti Syamsuriyanti Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.22694

Keywords:

Hasil Belajar, Problem Based Learning, Pembelajaran

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam melalui model pembelajaran problem based learnning materi listrik kelas VI UPTD SDN 214 Inpres Bawalangiri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Terjadinya peningkatan persentase kehadiran siswa dalam proses pembelajaran, siswa fokus pada materi pelajaran yang sedang berlangsung, siswa antusias dalam belajar dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning, siswa aktif mencatat materi pelajaran dari Guru, siswa aktif bertanya dan menjawab materi yang terkait dengan pembelajaran, dan siswa bekerja sama dengan kelompok.

References

Abimanyu, Soli., dkk. (2008). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Nasional.

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi, Standar Kompetensi, dan Kompetensi Dasar. Jakarta: Depdiknas

Hisbullah dan Burhayati Selvi. 2018. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar, Sulawesi: Penerbit Aksara Timur

Resti, Ardianti dkk. 2021. Problem Based Learning Apa Dan Bagaimana. Physics Education And Applied Physics, 3(1) : 31-35.

Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Samotawo, U. 2010. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks

Sardiman, AM. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Suryosubroto, B. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutikno, Sobry. (2014). Metode dan Model-model Pembelajaran. Lombok: Holistica.

Trianto. (2014). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada Bumi Aksara.

Yurista, R. (2018). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zebua, Try Gunawan. 2020. Studi Literature Problem Based Learning Untuk Masalah Motivasi Bagi Siswa Dalam Belajar Matematika. Bogor: Geupedia.

Downloads

Published

2024-01-24

How to Cite

Salsabila, A., Patta, N. F. J. ., Asmi, M. ., Wahyuni, S. ., & Syamsuriyanti, S. (2024). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA MATERI LISTRIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING KELAS VI UPTD SDN 214 INPRES BAWALANGIRI KABUPATEN MAROS. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 1108–1116. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.22694