PEMBANGUNAN APLIKASI E-Learning SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN ONLINE DI UNIVERSITAS

Authors

  • Juwairiah Juwairiah Politeknik Negeri Media Kreatif PSDKU Medan
  • Caroline Caroline Universitas Sultan Fatah
  • Hasnia Ahmad Poltekkes Kemenkes Makassar
  • Putra Putra Akademi Komunitas Industri Pertambangan Bukit Asam
  • Erwin Dhaniswara Universitas Widya Kartika Surabaya
  • Luthfie Lufthansa IKIP Budi Utomo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.19310

Keywords:

E-Learning, Pembelajaran Online

Abstract

Penggunaan teknologi dalam pendidikan telah membawa perubahan signifikan dalam paradigma pembelajaran di berbagai lembaga pendidikan tinggi. Salah satu implementasi teknologi tersebut adalah pengembangan aplikasi E-Learning, yang telah menjadi sarana penting dalam menyediakan pembelajaran online di lingkungan universitas. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses pembangunan dan implementasi sebuah aplikasi E-Learning sebagai sarana pembelajaran online di sebuah universitas. Metodologi pengembangan perangkat lunak berbasis iterasi digunakan untuk memastikan fleksibilitas dan adaptabilitas aplikasi terhadap kebutuhan beragam pengguna dan lingkungan pembelajaran. Aplikasi ini dirancang untuk mendukung berbagai fitur, termasuk distribusi materi pembelajaran, interaksi antara mahasiswa dan dosen, evaluasi daring, dan pelaporan hasil belajar. Hasil dari penelitian ini mencakup penerapan aplikasi E-Learning di lingkungan universitas dan tanggapan dari para pengguna awal, seperti mahasiswa dan dosen. Evaluasi awal ini memberikan wawasan tentang keefektifan aplikasi dalam meningkatkan aksesibilitas, fleksibilitas, dan interaktivitas dalam proses pembelajaran. Selain itu, tantangan teknis dan penerimaan pengguna terhadap teknologi E-Learning juga dibahas. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman tentang penerapan teknologi E-Learning dalam konteks pendidikan tinggi dan menggarisbawahi pentingnya pengembangan berkelanjutan berdasarkan umpan balik pengguna. Hasil penelitian ini dapat menjadi panduan bagi institusi pendidikan lainnya yang tertarik untuk mengadopsi atau mengembangkan aplikasi E-Learning dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran online di masa depan.

References

Andika. 2023. Rancang Bangun Website di MI DDI 3 Purangi. Bandwidth: Jurnal Informatika dan Teknologi Komputer Vol. 01 No. 01 (2023)

Arief M.Rudyanto, 2011. Pemrograman Web Dinamis menggunakan PHP dan MySQL, Yogyakarta, Penerbit Andi.

Dirgawansyah. 2013, Perancangan E-Learning Pembelajaran Pengetahuan Komputer Pada Universitas Cokroaminoto Palopo. Fakultas Teknik Komputer.UNCP.

Herlawati. 2011, Unified Modeling Language (UML), Penerbit Informatika Bandung.

Hasbullah. 2011. “Perancangan Dan Implementasi Model Pembelajaran E-Learning Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Jpte Fptk Upi”. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro FPTK UPI. Bandung .

Michael dkk. 2013. E-learning. Informatika: Bandung.

Mardi. 2011. “Pengembangan sistem aplikasi e-learning”. Yogyakarta.

Mahdiana. 2011. “Unified Modeling Language”. Jurnal Telematika MKOM Vol.3 No .02. Bandung

Murad. 2013. “Unified Modeling Language”. Jurnal CCIT Vol.02 No.03. Bandung

Roger, S. Pressman, Ph.D., 2012, Rekayasa Perangkat Lunak (pendekatan praktis) Edisi 7, Yogyakarta : Andi.

Satzinger, Jackson, Burd. 2012. “Perancangan sistem e-learning”. Yogyakarta.

Suartama I kadek, 2014. E-learning Berbasis Moodle. Yogyakarta, Graha Ilmu.

Junirma Buttu. 2023. Analisis Kinerja Jaringan Wlan pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Palopo. Bandwidth: Jurnal Informatika dan Teknologi Komputer Vol. 01 No. 01 (2023)

Nirwana, Hermawati, Abd. Rahim Ruspa, Marlia Muklim. 2023. Media Pembelajaran Interaktif pada Anak UsiaDini TKKristen Hosana Terpadu. Bandwidth: Jurnal Informatika dan Teknologi Komputer Vol. 01 No. 01 (2023)

Intan Saputri. 2023. Analisis Perbandingan IPv4 dan IPv6 pada Jaringan SMKN 7 Palopo. Bandwidth: Jurnal Informatika dan Teknologi Komputer Vol. 01 No. 01 (2023)

Downloads

Published

2023-09-25

How to Cite

Juwairiah, J., Caroline, C., Ahmad, H. ., Putra, P., Dhaniswara, E. ., & Lufthansa, L. (2023). PEMBANGUNAN APLIKASI E-Learning SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN ONLINE DI UNIVERSITAS . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 690–696. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.19310