PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI METAKOGNISI SISWA

Authors

  • Esti Jefriani Giaawa Universitas Nias
  • Ratna Natalia Mendrofa Universitas Nias

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18869

Keywords:

Model Pembelajaran Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah, Metakognisi Siswa

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di UPTD SMP Negeri 2 Gunungsitoli, ditemukan masalah yaitu (1) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih tergolong rendah, (2) Siswa mengalami kesulitan membuat langkah-langkah penyelesaian soal dan (3) Siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana pengaruh model  pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari metakognisi siswa. Penelitian ini dilaksanakan di UPTD SMP Negeri 2 Gunungsitoli dengan populasi 3 kelas dan sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu siswa kelas VIII-B yang berjumlah 20 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII- C yang berjumlah 20 orang sebagai kelas kontrol yang dilaksanakan pada Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian menggunakan metode eksperimen semu dengan desain Factorial Design. Teknik analisis data adalah analisis varians dua jalur (ANOVA).  Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Berdasarkan hasil analisis varian (ANOVA) pada taraf signifikan ? = 0,05, didapat Fh(b) = > Ftabel = 2,901. Dengan demikian Fh(b)>Ftabel, sehingga H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan, terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara kelompok siswa yang diberikan model problem based learning dengan kel Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di UPTD SMP Negeri 2 Gunungsitoli, ditemukan masalah yaitu (1) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih tergolong rendah, (2) Siswa mengalami kesulitan membuat langkah-langkah penyelesaian soal dan (3) Siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana pengaruh model  pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari metakognisi siswa. Penelitian ini dilaksanakan di UPTD SMP Negeri 2 Gunungsitoli dengan populasi 3 kelas dan sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu siswa kelas VIII-B yang berjumlah 20 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII- C yang berjumlah 20 orang sebagai kelas kontrol yang dilaksanakan pada Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian menggunakan metode eksperimen semu dengan desain Factorial Design. Teknik analisis data adalah analisis varians dua jalur (ANOVA).  Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Berdasarkan hasil analisis varian (ANOVA) pada taraf signifikan ? = 0,05, didapat Fh(b) = > Ftabel = 2,901. Dengan demikian Fh(b)>Ftabel, sehingga H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan, terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara kelompok siswa yang diberikan model problem based learning dengan kelompok siswa yang diberikan metode ekspositori terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika; (2) Karena  pada derajat kepercayaan 0,05 maka hipotesis kedua dapat diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah pada siswa yang memiliki tingkat metakognisi tacit use, aware use, strategic use, dan reflective use; (3) Hasil perhitungan ANOVA dapat diketahui bahwa nilai hasil pengujian hipotesis ketiga pada baris Interaksi A X B menunjukkan bahwa H0 ditolak berdasarkan nilai Fh(I) =  > Ftab = 2,901 dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan metakognisi belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. ompok siswa yang diberikan metode ekspositori terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika; (2) Karena  pada derajat kepercayaan 0,05 maka hipotesis kedua dapat diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah pada siswa yang memiliki tingkat metakognisi tacit use, aware use, strategic use, dan reflective use; (3) Hasil perhitungan ANOVA dapat diketahui bahwa nilai hasil pengujian hipotesis ketiga pada baris Interaksi A X B menunjukkan bahwa H0 ditolak berdasarkan nilai Fh(I) =  > Ftab = 2,901 dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan metakognisi belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika.

References

Ananda, R, & Fadhil, M. (2018). Statistik Pendidikan. Medan : CV. Widya Puspita.

Arifin, Syamsul. (2021). Model PBL (Problem Based Lerning) Berbasis Kognitif Dalam Pembelajaran Matematika. Jawa Barat : CV. Adanu Abimata.

Chairani, Zahra. (2016). Metakognisi Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. Yogyakarta : CV. Budi Utama.

Haerullah, Ade, dkk.(2017). Model & Pendekatan Pembelajaran Inovatif (Teori dan Aplikasi).Yogyakarta : CV. Lintas Nalar.

Isrok’atun, Rosmala.(2018). Model-model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Sinar Grafika Offset.

Lestari & Yudhanegara.(2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT. Refika Aditama.

Murni, Atma. (2019). Metakognisi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Prinsip PendidkanMatematika,1(2),1-14. (https://jprinsip.ejournal.unri.ac.id/index.php/jpri/article/view/23diakses pada 25 Maret 2023)

Nurbaiti.(2022).Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.

Oktaviana, Dwi, dkk. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa. Jurnal Program StudiPendidikanMatematika.9(4),1076-1085. (https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/matematika/article/view/3069/pdf diakses pada tanggal 14 April 2023)

Putri, Eka et al.(2016). Kemampuan-Kemampuan Matematis dan Pengembangan Instrumennya. Jawa Barat : UPI Sumedang Press.

Putri, Sri Rini et al. (2019). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika,8(2),331-340. (https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv8n2_14 diakes pada 22 Maret 2023)

Rahman, Faisal et al. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika ditinjau dari Metakognisi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal UNJ.

(https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/10187diakses pada 11 November 2022)

Rambe, Nisa Khairatun et al. (2020). Analisis Kemampuan Metakognisi dalam Pemecahan Masalah Matematis pada Pembelajaran Berbasis Masalah ditinjau dari Gaya Belajar. Paradikma Jurnal Pendidikan Matematika,13(2),1-17.

(https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/paradikma/article/view/22912/15062 diakses pada 22 November 2022)

Riadi, edi.(2016). Metode Statistik Parametrik & Nonparametrik Untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial Dan Pendidkan. Tanggerang : PT. Pustaka Mandiri.

Riyanto, Slamet.(2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan, dan Eksperimen. Yogyakarta : CV BUDI UTAMA.

Rochimah, Siti.(2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Video Animasi pada Pokok Bahasan Keliling dan Luas Segitiga untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Sumberagung Peterongan Jombang.( http://etheses.uin-malang.ac.id/16734/ diakses pada 12 April 2023)

Sriwahyuni, Krisnawati & Maryati. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Statistika. Jurnal Pendidikan Matematika,2(2),335-344. (https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/plusminus/article/view/pv2n2_15 diakses pada 5 April 2023)

Sugiyono.(2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suraji, et al.(2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education,4(1),9-16.

(https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SJME/article/view/5057/ diakses pada 12 April 2023)

Tohir, Mohammad. (2019). Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Olimpiade Matematika Berdasarkan Level Metakognisi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 1(1),335-344. (https://www.journal.ibrahimy.ac.id/index.php/Alifmatika/article/view/1-14 diakses pada 24 Maret 2023)

Downloads

Published

2023-09-13

How to Cite

Giaawa, E. J. ., & Mendrofa, R. N. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI METAKOGNISI SISWA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 268–274. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18869