DESAIN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY (HLT) DI UPTD SMP NEGERI 1 GUNUNGSITOLI

Authors

  • Julilian Zebua Universitas Nias
  • Sadiana Lase Universitas Nias

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18868

Keywords:

Desain Pembelajaran Matematika, HLT, Design Research.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh, kesulitan peserta didik dalam memahami materi pelajaran matematika khususnya materi perpangkatan dan bentuk akar, sehingga kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat desain pembelajaran matematika berbasis hypothetical learning trajectory (HLT) di UPTD SMP Negeri 1 Gunungsitoli. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah design research. Dalam metode design research, ada tiga tahap yang lakukan yaitu tahap pendahuluan, tahap pelaksanaan, dan tahap analisis retrospektif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX-i. Pada penelitian ini, peneliti membuat HLT sebagai dugaan awal dari aktivitas pembelajaran yang dilakukan sehingga didapatkan desain pembelajaran yang diharapkan. Dari hasil kerja beberapa kelompok diperoleh bahwa sebagian besar peserta didik telah mencapai tujuan pembelajaran, serta menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan materi perpangkatan dan bentuk akar. Hasil analisis retrospektif menunjukkan desain pembelajaran yang dibuat memberikan perubahan positif terhadap peserta didik kelas IX-i dalam memahami materi perpangkatan dan bentuk akar.

References

Awiria et all, 2020. Pembelajaran Matematika SD Kelas Rendah. Medan : CV Bianglala Kreasi Mandiri

Djamaluddin, Ahdar & wardana 2019, Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Yogyakarta : CV. Kaaffahlearningcenter

Faudiah, Nyiayu, Fahriza. 2017. Hypothetical Learning Trajectory pada Pembelajaran Bilangan Negatif Berdasarkan Teori Situasi Didaktis di Sekolah Menengah. Jurnal Mosharafa. Vol. 6. No. 1

Fitria, D, A., Mustami, K, M., dan Taufiq, U, A. 2017. Pengembangan Media Gambar Berbasis Potensi Lokal Pada Pembelajaran Materi Keanekaragaman Hayati Di Kelas X Di SMA 1 Pitu Riase Kab. Sidrap. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4 (2), 17. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/5176/4669

Hadi, S. & Novaliayosi, 2019. TIMMS Indonesia (Trend In International Mathematics And Science Study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi Tasikmalaya.

Harefa, Noveri Amal Jaya dan Hayati, Eti. 2021. Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dan Teknologi Informasi. Banten : Unpam Press.

Hamdani. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Komalasari, E. et all, 2013. Analisis Desain Didaktis Segiempat yang Dikembangkan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(1), 25. https:/e-journal.my.id/proximal/article/download/502/391

Khoirudin. Rizkianto. 2018. Pengembangan perangkat pembelajaran problem based learning dan hypothetical learning trajectory yang berorientasi pada kemampuan penalaran siswa. Jurnal pendidikan matematika. 7(2)

Kurniasih, I. & Sani, B. 2020. Guru jago Menulis Step By Step Menulis Buku Untuk Guru Hebat. Jakarta: Kata Pena

Maryana, et all. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Powerpoint Dan Ispring Quiz maker Pada Materi Teorema Pythagoras. Vol. 2. No. 2. (Online), https://core.ac.uk/download/pdf/267088364.

Moanoang, C., Arsyad, N., Nasrullah. 2021. Desain Pembelajaran Matematika Berbasis Hypothetical Learning Trajectory (HLT) Pada Materi Operasi Bilangan Bulat Siswa Kelas VII SMP Bunda Kasih Sudiang. Jurnal issues in mathematics Education. 5(2). https://ojs.unm.ac.id/imed/article/view/23842

Nurdyansyah. 2019. Media Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo : UMSIDA Press

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2018 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah, https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Permendikbud

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37Tahun 2018 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Permendikbud

Prahmana, C. I., Rully. 2017. Design research (teori dan implementasinya: Suatu Pengantar). Depok: PT. RajaGrafindo

Putrawangsa, Susilahudin. 2018. Desain Pembelajaran: Design Research Sebagai Pendekatan Desain Pembelajaran. Mataram: CV. Reka Karya Amerta

(Rezky, Raizal. (2019). Hypothetical Learning Trajectory (HLT) dalam Perspektif Psikologi Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan. Vol. 18, No.1. 762-769

Downloads

Published

2023-09-12

How to Cite

Zebua, J. ., & Lase, S. . (2023). DESAIN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY (HLT) DI UPTD SMP NEGERI 1 GUNUNGSITOLI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 260–267. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18868