MANAJEMEN PENGASUHAN SANTRIWATI DALAM MENERAPKAN PERATURAN DI PONDOK PESANTREN MAWARIDUSSALAM BATANG KUIS

Authors

  • Aisya Turridho Universitas Alwashliyah Medan
  • Fitri Yulia Universitas Alwashliyah Medan
  • Irwansyah Irwansyah Universitas Alwashliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18792

Keywords:

Pengasuhan Santriwati, Peraturan, Santriwati.

Abstract

Peraturan adalah salah satu hal terpenting yang harus di laksankan dalam suatu lembaga pendidikan. Dalam pendidikan pondok pesantren para santri di didik dengan pendidikan kedisiplinan, pendidikan kedisiplinan adalah pengaplikasian dari peraturan, pendidikan tersebut berlangsung selama 24 jam. Dalam jangka waktu tersebut tidak lah terlepas dari manajemen. Sehingga seluruh masyarakat yang ada didalam pondok guru, santri,maupun pengasuh dapat mengikutinya dengan baik. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriftif, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pengasuhan santriwati dalam menerapkan peraturan. Pengumpulan data menggunakan metode wsawancara, observasi dan dokumentasi. subjek penelitian nya adalah pengasuhan santriwati, dan santriwati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajamen pengasuhan santriwati menerapkan peraturan dengan fungsi-fungsi manajamen perencanaan peraturan, pengarahan peraturan, pelaksanaan peraturan, dan pengevaluasian.

References

Abidin, Zaenal. 2020. “Educational Management of Pesantren in Digital Era 4.0.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 17(2):203–16. doi: 10.14421/jpai.2020.172-07.

Herawati, Jajuk. 2018. “Perencanaan Strategi Sumberdaya Manusia Dan Prestasi Kerja Karyawan.” Jurnal Manajemen 7(1):27–33.

Maujud, Fathul. 2018. “Implementasi Fungsi-Fungsi Manajemen Dalam Lembaga Pendidikan Islam (Studi Kasus Pengelolaan Madrasah Ibtidaiyah Islahul Muta’allim Pagutan).” Jurnal Penelitian Keislaman 14(1):31–51. doi: 10.20414/jpk.v14i1.490.

Rahman, Yudi Ardian. 2020. “Konsep Dan Penerapan Fungsi Manajemen Pendidikan.” TSAQOFAH: Jurnal Pendidikan Islam 4(1):1–17.

Rama, Alzet, Muhammad Giatman, Hasan Maksum, and Andri Dermawan. 2023. “Konsep Fungsi Dan Prinsip Manajemen Pendidikan.” Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia 8(2):130. doi: 10.29210/1202222519.

Rodliyah, Hj. St. 2014. “Manajemen Pondok Pesantren Berbasis Pendidikan Karakter.” Jurnal Cendekia 12(Manajemen):299–314.

Sodikin, Odik, Ujang Cepi Barlian, Sofyan Sauri, and Dadan Nurulhaq. 2020. “Management of Character Education Based on Panca Jiwa in Pondok Pesantren Darul Muttaqien Bogor.” International Journal of Nusantara Islam 8(2):172–80. doi: 10.15575/ijni.v8i2.10776.

Sugiyono. 2021. MEtode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. 3rd ed. Bandung: Alfabeta, CV.

Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kualitatif: Untuk Penelitian Yang Bersifat Eksploratif, Enterpretif, Interaktif Dan Konstruktif. 3rd ed. Bandung: Alfabeta, CV.

Sutiyono, Agus, and Muhammad Nabhan Perdana. 2023. “Improving Governance of the Pesantren through Human Resource Management.” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 07(01):94–109.

Yacoeb.M. n.d. “Konsep Manajemen Dalam Perspektif Al-Qur’an: Suatu Analisis Dalam Bidang Adinistrasi Pendidikan.” Ilmiah Didaktika XIV(1):74–89.

Downloads

Published

2023-09-09

How to Cite

Turridho, A., Yulia, F., & Irwansyah , I. . (2023). MANAJEMEN PENGASUHAN SANTRIWATI DALAM MENERAPKAN PERATURAN DI PONDOK PESANTREN MAWARIDUSSALAM BATANG KUIS. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 192–200. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18792