PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA SMA NEGERI 2 GUNUNGSITOLI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18448Keywords:
Example Non Example, Hasil belajarAbstract
Model Example non example adalah program pembelajaran yang dalam prosesnya memakai instrumen gambar untuk penyajian materi. Kegunaan dari adanya contoh gambar adalah agar peserta didik bisa menganalisis gambar ke dalam sebuah deskripsi. Tujuan penelitian : (1) Mendeskripsikan proses pembelajaran Biologi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example di SMA Negeri 2 Gunungsitoli. (2)Mendeskripsikan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example di SMA Negeri 2 Gunungsitoli. (3) Mendeskripsikan peningkatan keberanian peserta didik dalam menyampaikan pendapat/pertanyaan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example di SMA Negeri 2 Gunungsitoli. Lokasi penelitian di SMA Negeri 2 Gunungsitoli. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA-3 yang berjumlah 36 orang, dilaksankan pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Hasil penelitian : (1) Proses pembelajaran peserta didik menunjukkan bahwa adanya peningkatan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran dengan Model Pembelajaran Example Non Example dimana pada siklus ke 2 rata-rata tingkat keaktifan peserta didik mencapai 97,91% dan tergolong dalam kriteria baik. (2)Rata-rata hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran Example Non Example pada mata pelajaran Biologi mencapai 82,69% dan tergolong dalam kategori baik.(3) Persentase tingkat keberanian belajar siswa dalam menyampaikan pertanyaan dan pendapatnya sebesar 3,97% (Baik).References
Arifin, Zainal. 2017. Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya
Arikunto, Suharsimi. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. PT. Bumi Aksara
Arsyad, Azhar. (2019). Media Pembelajaran. Raja Grafindo.
Bloom. 2017. Hasil Belajar. Bandung: Alfabeta
Huda, Miftahul. (2020). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran: isu-isu metodis dan paradigmatis. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
https://www.gramedia.com/literasi/sistem-pernapasan-manusia/
Komalasari, Kokom. (2017). Pembelajaran kontekstual: konsep dan aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
Kustandi dan Bambang Sutjipto. 2016. Media Pembelajaran Manual dan Digital.
Bogor: Ghalia Indonesia
Lestiawan, F., & Johan, A. B. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Example Non-Example Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Dasar dasar Pemesinan.Jurnal Taman Vokasi, 6(1),98–106.
M.T., Amirono, & Daryanto. (2017). Evaluasi & Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013. Yogykarta. Gava Media.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Kharisman Alfandi Laoli, Novelina Andriani Zega
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.