PERAN GURU AGAMA DALAM MENANAMKAN KESADARAN SOSIAL PADA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH

Authors

  • Latiful Wahid Universitas Megou Pak Tulang Bawang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18141

Keywords:

Guru Agama, Kesadaran Sosial, Sekolah Menengah.

Abstract

Penelitian ini menyelidiki peran yang dimainkan oleh guru agama dalam membentuk kesadaran sosial pada siswa di sekolah menengah. Kesadaran sosial merupakan kemampuan individu untuk memahami isu-isu sosial dan mengembangkan empati terhadap sesama. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana guru agama berkontribusi dalam membentuk pandangan dan perilaku sosial siswa melalui pendidikan agama di lingkungan sekolah. Metode penelitian ini melibatkan wawancara mendalam dengan guru agama yang berpengalaman serta analisis terhadap materi pelajaran agama yang berkaitan dengan isu-isu sosial dalam kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru agama memiliki peran utama dalam mengajarkan nilai-nilai moral, etika, dan tanggung jawab sosial kepada siswa. Mereka mendorong siswa untuk memahami implikasi sosial dari ajaran agama dan merespons isu-isu sosial kontemporer dengan bijak. Selain itu, guru agama juga menjadi contoh nyata bagi siswa dalam mengamalkan nilai-nilai sosial dalam kehidupan sehari-hari. Partisipasi dalam kegiatan sosial dan amal juga ditekankan sebagai cara untuk mengintegrasikan ajaran agama dalam tindakan nyata. Meskipun peran guru agama dalam menanamkan kesadaran sosial sangat penting, tantangan seperti keragaman pandangan agama di kelas dan tantangan memadukan isu-isu sosial kontemporer dalam kurikulum perlu diatasi. Dalam rangka meningkatkan peran guru agama dalam menanamkan kesadaran sosial, diperlukan dukungan berkelanjutan seperti pelatihan pedagogis yang mengintegrasikan aspek sosial dalam pembelajaran agama. Penelitian ini menggarisbawahi perlunya pendekatan holistik dalam pendidikan agama untuk menciptakan generasi siswa yang tidak hanya memiliki pemahaman yang mendalam tentang ajaran agama, tetapi juga siap untuk berkontribusi dalam mengatasi masalah sosial di Masyarakat.

References

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Syakir Media Press.

Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312

Akhyar, Y., & Sutrawati, E. (2021). Implementasi Metode Pembiasaan Dalam Membentuk Karakter Religius Anak. Al-Mutharahah. Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2). https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.363

Anhar, N., & Baisa, H. (2020). Pengaruh Kedisiplinan Shalat Berjamaah Terhadap Peningktan Karakter Religius Siswa Di Mtsn 1 Kota Bogor.

Eka Letteresa, F., & Yuli Erviana, V. (2019). Implementasi Kultur Sekolah Dalam Membangun Karakter Religius Bagi Siswa Sd Muhammadiyah Argosari. Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN). 326–349.

Faishol, R. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Motivator Dalam Membentuk Akhlak Siswa Di MTs An -Najahiyyah. In Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (JPPKn), 6.

Gafar, A. H., & Haryati, T. (2019). Peran Guru Profesional dalam Membina Karakter Religius Peserta Didik Berbasis Nilai Kearifan Lokal (Maja Labo Dahu) Sekolah Dasar Negeri Sila Di Kecamatan Bolo Kabupaten Bima. Jurnal Pendidikan IPS, 9(1), 15–28.

Hajeni, H. (2022). Optimalisasi Peran Guru dan Orang Tua dalam Pembelajaran Online pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3242–3252. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2327

Hendarman. (2020). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama (L. Muliast). http://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id

M. C. Nicholas Mathews, & V. B.-G. (2019). Triangulasi dalam Penelitian Kualitatif.

Mamkua, & S. (2023). Pendidikan Karakter Perspektif Studi Islam: Peran Guru Membentuk Karakkter Disiplin Siswa Melalui Kegiatan Keagamaan di SD IT. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 9(1). https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4226/http

Nahdi Fahmi. (2018). Implementasi Pembiasaan Pendidikan Islam dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 7(2). https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i1

Nurbaiti, R. (2020). Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Aktivitas Keagamaan. Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 55–66. https://doi.org/10.33367/jiee.v2i1.995

Purbajati, H. I. (2020). Peran Guru Dalam Membangun Moderasi Beragama di Sekolah. In Peran Guru dalam Membangun Moderasi Beragama di Sekolah Falasifah. 11.

Ramdan, A. Y., & Fauziah, P. Y. (2019). Peran orang tua dan guru dalam mengembangkan nilai -nilai karakter anak usia sekolah dasar. Premiere Educandum. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 100. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4501

Downloads

Published

2023-08-22

How to Cite

Wahid, L. . (2023). PERAN GURU AGAMA DALAM MENANAMKAN KESADARAN SOSIAL PADA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 339–346. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18141