PERAN GURU PPKN DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN MORAL PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 BANGGAI TENGAH KABUPATEN BANGGAI LAUT

Authors

  • Lulu Savitri I. Lumuan Universitas Negeri Gorontalo
  • Asmun Wantu Universitas Negeri Gorontalo
  • Udin Hamim Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.17924

Keywords:

Peran Guru PPKn, Kecerdasan Moral, SMP Negeri 1 Banggai Tengah.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran para guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dalam mengembangkan kecerdasan moral pada peserta didik di SMP Negeri 1 Banggai Tengah, Kabupaten Banggai Laut. Penelitian ini menerapkan pendekatan deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Informan penelitian melibatkan satu orang guru PPKn, empat orang peserta didik, serta satu orang kepala sekolah. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Guru PPKn di SMPN 1 Banggai Tengah memiliki beberapa peranan signifikan dalam mengembangkan kecerdasan moral siswa. Pertama, sebagai demonstrator guru PPKn menjadi teladan bagi perilaku dan tindakan moral siswa. Mereka berhasil mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dalam proses pembelajaran, sehingga siswa dapat menginternalisasi nilai-nilai tersebut. Kedua, sebagai mediator dan fasilitator guru PPKn membantu siswa dalam memahami konsep-konsep moral, memfasilitasi diskusi, serta merangsang refleksi mengenai isu-isu moral. Interaksi ini menciptakan lingkungan belajar yang interaktif dan inspiratif, sekaligus membantu siswa menerapkan nilai-nilai moral dalam kehidupan sehari-hari. Ketiga, sebagai evaluator guru PPKn secara berkelanjutan menilai perkembangan moral siswa dengan menggunakan berbagai metode penilaian. Namun demikian, terdapat beberapa faktor penghambat dalam pelaksanaan peranan guru PPKn dalam membentuk kecerdasan moral siswa. Pertama, kedisiplinan siswa yang belum mencapai tingkat optimal dapat berdampak pada efektivitas peranan guru dalam proses pembelajaran PPKn. Kedua, terdapat keterbatasan dalam komunikasi antara orang tua dan sekolah, yang mengakibatkan peran guru tidak dapat berjalan dengan maksimal. Dalam kesimpulannya, peran Guru PPKn memiliki kontribusi yang sangat penting dalam meningkatkan kecerdasan moral siswa.

References

Aulia, N., Nurdiyana, N., & Hadi, S. (2022). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Sosial Siswa. Journal of Education and Culture, 2(1), 64–70. https://doi.org/10.58707/jec.v2i1.176

Chandra, A., & Angin, A. (2017). Hubungan Perhatian Orang Tua Dan Iklim Sekolah Dengan Disiplin Pada Siswa Smp N 2 Padang Tualang Kabupaten Langkat. Jurnal Phsycomutiara, 1(1), 1–14. http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/Psikologi/article/view/129/147

Faulina Sundari. (2017). Peran Guru Sebagai Pembelajar dalam Memotivasi Peserta Didik Usia SD. Prosiding Diskusi Panel Pendidikan, April, 60–76.

Hermawan, D. (2019). Dampak Globalisasi Terhadap Moralitas Remaja ( Studi SMK Swasta Putra Bunda Tanjung Pura) Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Serunai Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(1), 88–93. https://doi.org/10.37755/jspk.v8i1.136

Meri & Mustika. (2022). Peran Guru dalam Pembelajaran di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 200–208. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

Novianti, E., Firmansyah, Y., & Susanto, E. (2020). Peran guru PPKn sebagai evaluator dalam meningkatkan disiplin belajar siswa. CIVICS: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(2), 112–116. https://doi.org/10.36805/civics.v5i2.1337

Nurohmah, A. N., & Dewi, D. A. (2021). Penanaman Nilai Moral dan Karakter di Era Pandemi melalui Pendidikan dengan Mengimplementasikan Nilai-Nilai Pancasila. Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 119–128.

Rahayu, N., Ndona, Y., & Setiawan, D. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa dengan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Muatan Pelajaran PKN Disekolah Dasar. Jurnal Sintaktis: Pendidikan Guru Sekolah Dasar, IPA, IPS, Dan Bahasa Inggris, 4(1), 89–96. http://jurnal.stkipalmaksum.ac.id/

Salim, H. (2019). Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis. Kencana.

Sutisna, A. (2021). Metode Penelitian Kualitatif Bidang Pendidikan. UNJ press.

Verasiana, Kertih, I. W., & Yudana, I. M. (2022). Peran Guru PPKn Dalam Upaya Meningkatkan salah satu sumber pembangunan Nasional di Indonesia karena , dengan adanya bersaing dan mencerminkan kepribadian bangsa . 4(April), 49–57. https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/JMPPPKn/index

Yusuf, B., & Aziizu, A. (2015). 46 tujuan besar pendidikan adalah tindakan. Prosiding KS: RISET & PKM, 2(2), 147–300.

Downloads

Published

2023-08-16

How to Cite

Lumuan, L. S. I. ., Wantu, A. ., & Hamim, U. . (2023). PERAN GURU PPKN DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN MORAL PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 BANGGAI TENGAH KABUPATEN BANGGAI LAUT. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 210–221. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.17924