This is an outdated version published on 2023-02-08. Read the most recent version.

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V MELALUI PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT

Authors

  • Ervin Reliavirli Rusti SD Negeri 1 Kalibunder

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i1.12157

Keywords:

Media Pembelajaran Powerpoint, hasil belajar, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini diawali dengan adanya masalah pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 1 Kalibunder, masalah tersebut yaitu hasil belajar peserta didik masih rendah atau di bawah kkm. Masalah tersebut muncul karena dalam pembelajaran terjadi teacher center sehingga aktivitas pembelajaran didominasi oleh pendidik. Tindakan yang digunakan untuk mengatasi masalah tersebut dengan menerapkan media pembelajaran power point. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian mengacu pada model Arikunto (2008:16) yang terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi kinerja pendidik, lembar observasi aktivitas peserta didik, serta tes hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa data kinerja pendidik pada siklus I mencapai 83%, dan pada siklus II mencapai yang telah ditargetkan yaitu 90%. Aktivitas peserta didik pada siklus I yang mencapai kriteria B sebanyak 73%, dan pada siklus II mencapai 87,5% peserta didik. Hasil belajar siklus I dari 20 peserta didik, hanya 8 peserta didik yang mencapai KKM, dan pada siklus II menjadi 17 peserta didik yang mencapai KKM. Dengan demikian, penerapan media pembelajaran powerpoint dapat meningkatkan kinerja pendidik, aktivitas peserta didik dan hasil belajar IPA di kelas V SD Negeri 1 Kalibunder.

References

Ali, Muhammad. (2002). Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Anton Sukarno. 1994. Efektvitas Sistem Pengajaran Pelayanan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Surakarta: UNS Press

Arikunto, S.2008 Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Dimyati & Mudjiono.2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Depdikbud. (1988). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Perum Balai Pustaka.

Direktorat Pembinaan SD.2016. Panduan Teknik Pembelajaran dan Penilaian di Sekolah Dasar.

Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Hamalik, Oemar. (2000). Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan CBSA. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Hariyanto.2012. Pengertian dan Tujuan Pembelajaran. Diperoleh dari https://belajarpsikologi.com/pengertian-dan-tujuan-pembelajaran/

Poerwadarminto, W.J.S. (1976). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Sudjana, Nana. (2001). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Surachmat, Winarno. (2002). Strategi Belajar Mengajar II. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Bagian Proyek Pengembang Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Susanti, R. (2013). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Kegiatan Ekonomi Di Indonesia Melalui Pendekatan Konstruktivisme: PTK di Kelas V SDN Kepuh Denok Kec. Citangkil Kota Cilegon Provinsi banten (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Wardani, I.G.A.K, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka

Winkel, W.S. 1991. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia

Zainal arifin. 1991. Evaluasi Instruksional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2023-02-08

Versions

How to Cite

Rusti, E. R. . (2023). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V MELALUI PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(1), 5–10. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i1.12157