Resiliensi Akademik Siswa di SMP Negeri 25 Kota Jambi Setelah Menghadapi Situasi Pandemi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9761Abstract
Situasi yang dihadapi baru-baru ini pada masyarakat membuat banyaknya perubahan yang menimbulkan tantangan baru yang merujuk pada tekanan, hal yang sama juga dirasakan oleh siswa dibidang akademik. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan tingkat resiliensi akademik siswa di SMP Negeri 25 Kota Jambi setelah menghadapi situasi pandemi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan data diperoleh secara keseluruhan resiliensi akademik siswa berada pada kategori tinggi dengan persentase (69,46%), yang artinya bahwa siswa memiliki kapasitas kemampuan yang tinggi dalam menghadapi suatu tekanan dalam bidang akademik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan implikasi terhadap bimbingan dan konseling yaitu dapat menjadikan penelitian ini sebagai gambaran dalam pemberian layanan bimbingan konseling kepada siswa, baik itu layanan secara klasikal, kelompok maupun layanan individu.Downloads
Published
2022-12-06
How to Cite
Anjelyta, H. T. ., Rasimin, R., & Sarman, F. . (2022). Resiliensi Akademik Siswa di SMP Negeri 25 Kota Jambi Setelah Menghadapi Situasi Pandemi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 8822–8826. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9761
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Henni Twentyona Anjelyta, Rasimin, Freddi Sarman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).