Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 11 Kota Jambi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9653Abstract
Motivasi belajar adalah dorongan yang terjadi di dalam dan di luar diri seseorang. Motivasi belajar berguna untuk memberikan perubahan tingkah laku terhadap tingkah laku individu. Seseorang individu akan belajar dengan baik apabila didalam dirinya memiliki motivasi. Sedangkan kemandirian belajar adalah suatu perilaku yang mana aktivitas belajar diarahkan ke diri sendiri. Individu yang memiliki sikap mandiri seperti dapat memcahkan masalah, bertanggung jawab, memiliki inisiatif, serta percaya diri. semakin tinggi motivasi belajar siswa maka semakin tinggi juga kemandirian belajar peserta didik tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 74 siswa kelas XI Tahun Ajaran 2021/2022 SMA Negeri 11 Kota Jambi. Adapun untuk penarikan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Motivasi Belajar memiliki presentase sebesar 63,44% sedangkan Kemandirian Belajar 66,29%.Downloads
Published
2022-12-02
How to Cite
Amalia, A., Rasimin, R., & Yaksa, R. A. . (2022). Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 11 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 8189–8196. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9653
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Amalia, Rasimin, Rully Andi Yaksa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).