Tingkat Kematangan Karier Siswa SMK N 1 Kota Jambi Ditinjau dari Teori Donald Super
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9568Abstract
Kematangan karir adalah sebagai suatu keberhasilan yang didapatkan individu ketika dapat menyelesaikan tugas perkembangan karier yang sesuai. Kematangan karier dimaknai sebagai kemampuan individu untuk membuat pilihan serta keputusan karier yang tepad dan realistis. Siswa yang memiliki latar belakang kematangan karier yang tepat dan realistis akan memudahkan siswa tersebut cakap dalam mengambil keputusan karier setelah tamat dari sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan kualitas tingkat kematangan karier, yang merangkum beberapa gambaran mengenai kematangan karier seperti dengan menunjukan perilaku yang dibutuhkan untuk merencanakan karir, mencari informasi, memiliki kesadaran tentang apa yang dibutuhkan dalam membuat keputusan karir. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument berupa angket, untuk mengetahui ketepatan instrument dilakukan uji validitas dan uji reabilitas. Teknik analisis data dilakukan menggunakan analisis secara deskriptif yang merupakan berusaha mengungkapkan keadaan subjek pada saat ini, atau menggambarkan lapangan sebagaimana adanya. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk menguji suatu teori melalui instrument yang diperoleh berdasarkan angka-angka. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa menentukan pilihan pekerjaan berada pada tingkat “tinggi” yaitu 80,59%, pemahaman informasi dan rencana karier berada pada tingkat “tinggi” yaitu 73,42%, konsistensi dalam pemilihan karier berada pada tingkat “tinggi” yaitu 76,25%, pemahaman diri berada pada tingkat “tinggi”yaitu72,03%, pengambilan keputusan karier berada pada tingkat “tinggi” yaitu 81,12%, dan kesimpulan hasil keseluruhan berada pada tingkat “tinggi” yaitu 76,82%. Saran untuk guru BK untuk terus membantu, dan memberikan layanan yang sesuai kepada siswa mengenai pentingnya kematangan karier untuk masa depan para siswa tersebut.Downloads
Published
2022-12-01
How to Cite
Pauline , R. G. ., Rasimin, R., & Yusra, . A. . (2022). Tingkat Kematangan Karier Siswa SMK N 1 Kota Jambi Ditinjau dari Teori Donald Super. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7667–7672. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9568
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Rahma Giovanie Pauline , Rasimin, Affan Yusra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).