Resiliensi Akademik Siswa di SMP Negeri 25 Kota Jambi Setelah Menghadapi Situasi Pandemi

Authors

  • Henni Twentyona Anjelyta Universitas Jambi, Indonesia
  • Rasimin Rasimin Universitas Jambi, Indonesia
  • Freddi Sarman Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9761

Abstract

Situasi yang dihadapi baru-baru ini pada masyarakat membuat banyaknya perubahan yang menimbulkan tantangan baru yang merujuk pada tekanan, hal yang sama juga dirasakan oleh siswa dibidang akademik. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan tingkat resiliensi akademik siswa di SMP Negeri 25 Kota Jambi setelah menghadapi situasi pandemi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan data diperoleh secara keseluruhan resiliensi akademik siswa berada pada kategori tinggi dengan persentase (69,46%), yang artinya bahwa siswa memiliki kapasitas kemampuan yang tinggi dalam menghadapi suatu tekanan dalam bidang akademik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan implikasi terhadap bimbingan dan konseling yaitu dapat menjadikan penelitian ini sebagai gambaran dalam pemberian layanan bimbingan konseling kepada siswa, baik itu layanan secara klasikal, kelompok maupun layanan individu.

Downloads

Published

2022-12-06

How to Cite

Anjelyta, H. T. ., Rasimin, R., & Sarman, F. . (2022). Resiliensi Akademik Siswa di SMP Negeri 25 Kota Jambi Setelah Menghadapi Situasi Pandemi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 8822–8826. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9761