Persepsi Siswa terhadap Tugas Guru BK dalam Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling di SMP Tri Sukses Boarding School Jambi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9167Abstract
Kenyataan dilapangan menunjukkan bahwa, sampai saat ini tugas guru BK di sekolah dipandang siswa sebagai polisi sekolah, mengintrogasi siswa yang bersalah dan diserahi wewenang untuk mengambil tindakan (menghukum). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas persepsi siswa terhadap tugas guru BK dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di SMP Tri Sukses Boarding Schoool Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif yang mana penelitian ini dilakukan untuk menggambarkan lapangan sebagaimana adanya. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 115 siswa reponden yang diambil melalui teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan model skala likert dengan penetapan lima jawaban alternatif. Hasil penelitian secara umum menunjukkan persentase rata-rata yaitu sebesar 61% di lihat dari kriteria penafsiran persentase tergolong dalam kualitas “baik”. Jika dilihat perindikator menggunakan rumus persentase, pada aspek mencapai perkembangan diri yang optimal berada pada kualitas sering yaitu 59%, pada aspek mencapai perkembangan diri yang mandiri berada pada kualitas baik yaitu 66%, pada aspek mencapai perkembangan diri yang sukses berada pada kualitas baik yaitu 62%, pada aspek mencapai perkembangan diri yang sejahtera berada pada kualitas sering yaitu 58%, pada aspek mencapai perkembangan diri yang bahagia berada pada kualitas sering yaitu 59%. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap tugas guru BK secara keseluruhan dinilai cukup baik. Hendaknya guru BK lebih mengoptimalkan dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling agar siswa lebih merasakan manfaat serta merasa terbantu tidak hanya dalam penyelesaian masalah tetapi juga dalam berbagai bidang yang menyangkut pengembangan diri, karier dan lain sebagainya. Dengan itu siswa lebih banyak beranggapan positif terhadap tugas guru BK dalam melaksanakan layanan bimbingan dan konseling di sekolah.Downloads
Published
2022-11-21
How to Cite
Aisyah, S. ., Rasimin, R., & Yusra, A. . (2022). Persepsi Siswa terhadap Tugas Guru BK dalam Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling di SMP Tri Sukses Boarding School Jambi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 5599–5607. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9167
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Siti Aisyah, Rasimin, Affan Yusra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).