Pengaruh Kematangan Emosi terhadap Agresivitas Verbal Siswa di SMP Negeri 22 Kota Jambi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11328Abstract
Tujuan dalam penelitian ini yakni untuk mengukur pengaruh kematangan emosi siswa terhadap agresivitas verbal siswa di SMP Negeri 22 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatiif dengan menggunakan metode expost facto. Jumlah siswa yang menjadi sampel dalam penelitian ini yakni 75 orang siswa yang terdiri dari kelas 7 sampai 9 dengan menggunakan teknik total sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan yakni instrumen angket. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas kematangan emosi siswa berada pada kategori sedang dengan persentase 67,9 % serta agresivitas verbal berada pada kategori yang tinggi yakni 69,4 %. Selanjutnya hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel kematangan emosi (X) terhadap agresivitas verbal siswa (Y) di SMP Negeri 22 Kota Jambi dengan persentase sebesar 30%. Berdasarkan hasil temuan tersebut disimpulkan bahwa kematangan emosi erat mempengaruhi agresivitas verbal siswa, dengan hal itu mampu dijadikan sebagai landasan untuk mengembangkan program-program bimbingan dan konseling terutama dalam pemberian layanan guna meningkatkan kematangan emosi serta menurunkan agresivitas verbal siswa.Downloads
Published
2023-01-10
How to Cite
Ginting, L. C. N. ., Sutja, A. ., & Sarman, F. . (2023). Pengaruh Kematangan Emosi terhadap Agresivitas Verbal Siswa di SMP Negeri 22 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2364–2368. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11328
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Linsa Cristen Nia Ginting, Akmal Sutja, Freddi Sarman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).