Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Studi Lanjut melalui Penerapan Teknik Self Management di Kelas XI IPS 3 SMA N 9 Kota Jambi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6139Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap seberapa efektif kemampuan perencanaan studi lanjut siswa melalui teknik self management dalam layanan bimbingan kelompok pada siklus1, siklus2, dan siklus3, dan mengungkap seberapa besar peningkatan kemampuan perencanaan studi lanjut siswa dapat dicapai dalam penerapan teknik self management pada siklus1, siklus2, dan siklus3. Jenis penelitian ini adalam penelitian tindakan layanan (PTL). Subjek pada penelitian ini berjumlah 10 siswa kelas XI IPS 3 SMA N 9 Kota Jambi dengan inisial, ZQ, T, RY, RD, RN, DS, RP, CR, MR, dan NB. Penelitian ini dilakukan dengan 3 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi. Untuk melihat proses dari siklus yang dilakukan yaitu dengan mengumpulkan data menggunakan observasi, wawancara dan didukung oleh kriteria keberhasilan. Hasil penelitian menunjukklan bahwa teknik self management dapat meningkatkan kemampuan perencanaann studi lanjut siswa. Dari tiga siklus yang dilaksanakan, siklus ke-tiga memiliki hasil terbaik yaitu kemampuan perencanaan studi lanjut siswa meningkat mencapai 89% dengan ketepatan pelaksanaan teknik yang dilakukan peneliti berdasarkan penilaian kolaborator sebesar 97% dan rata-rata keaktifan siswa dalam proses penerapan teknik mencapai 2,9 atau 97% berjalan aktif. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi trobosan bagi praktisi Bimbingan dan Konseling untuk mengembangkan ilmu dalam membantu siswa meningkatkan kemampuan perencanaan studi lanjutDownloads
Published
2022-08-18
How to Cite
Wulandari, . . A. S. ., Rasimin, R., & Wahyuni, H. . (2022). Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Studi Lanjut melalui Penerapan Teknik Self Management di Kelas XI IPS 3 SMA N 9 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 4201–4208. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6139
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Annisa Silvia Wulandari, Rasimin, Hera Wahyuni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).