Peningkatan Hasil Belajar Tema 1 Pertumbuhan Dan Perkembangan Makhluk Hidup Melalui Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas III SDN Sidomulyo 02
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7039Abstract
Latar belakang penelitian ini yaitu model pembelajaran yang digunakan belum inovatif dalam proses pembelajaran. Aktivitas belajar siswa rendah dilihat dari siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran karena pembelajaran masih berpusat pada guru. Siswa kurang memahami materi yang disampaikan oleh guru. Hasil belajar siswa yang rendah dengan 63,16 % di bawah KKM yaitu 70. Di kelas III SDN Sidomulyo 02. Dari latar belakang tersebut disusun rumusan masalah yaitu” Bagaimana peningkatan hasil belajar tema 1 pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup melalui model Problem Based Learning pada siswa kelas III SDN Sidomulyo 02”. “Bagaimana peningkatan aktivitas siswa tema 1 pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup melalui model Problem Based Learning pada siswa kelas III SDN Sidomulyo 02”. “Bagaimana peningkatan aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran tema 1 pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup melalui model Problem Based Learning pada siswa kelas III SDN Sidomulyo 02”. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti menerapakan model Problem Based Learning sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas III SDN Sidomulyo 02 tahun pelajaran 2022/2023 sejumlah 19 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Sumber data dalam penelitian ini yaitu kelas III, guru kelas dan data dokumen. Data yang dihimpun merupakan data data kualitatif meliputi aktivitas belajar siswa aktivitas guru serta data kuantitatif mencakup hasil belajar siswa, rata- rata kelas, dan ketuntasan belajar klasikal. Teknik pengumpulan data berupa tes dan dan non tes yang meliputi pengamatan dan dokumentasi. Alat pengumpul data berupa tes dan lembar pengamatan (observasi). Penelitian ini dinyatakan berhasil apabila hasil belajar siswa, aktivitas siswa dan aktivitas guru menungkat sesuai indikator keberhasilan yang ditentukan. Hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa sebesar 63,15 dengan rata- rata kelas 69,47. Sementara itu, aktivitas belajar siswa dan perfomansi guru memperoleh nilai 60,52% dan 64%. Dengan hasil yang diperoleh, peneliti belum dapat memenuhi indikator keberhasilan. Oleh karena itu, peneliti mengadakan perbaikan di siklus II supaya hasil penelitian dapat meningkat. Pada siklus II, ketuntasan belajar siswa mencapai 73,68% dengan rata-rata kelas 77,89. Aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 73,02%, sedangkan performansi guru meningkat menjadi 84%. Dengan hasil yang diperoleh, peneliti belum dapat memenuhi indikator keberhasilan. Oleh karena itu, peneliti mengadakan perbaikan di siklus III supaya hasil penelitian dapat meningkat. Pada siklus III, ketuntasan belajar siswa mencapai 94,73% dengan rata- rata kelas 88,94. Aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 83,87% sedangkan performansi guru meningkat menjadi 94,4%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa, rata-rata kelas, ketuntasan belajar klasikal, dan aktivitas belajar siswa kelas III SDN Sidomulyo 02.Downloads
Published
2022-09-25
How to Cite
Susanti, . R. D. ., Ngatmini, N., & Rahayu, W. . (2022). Peningkatan Hasil Belajar Tema 1 Pertumbuhan Dan Perkembangan Makhluk Hidup Melalui Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas III SDN Sidomulyo 02. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 2886–2903. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7039
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ribut Dwi Susanti, Ngatmini, Wahyuningsih Rahayu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).