Analisis Penerapan Praktik Interprofesional Education Terhadap Kepuasan Ibu Yang Mengikuti Kelas Ibu Hamil di PUSKESMAS
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.12153Abstract
Kelas ibu hamil merupakan bentuk pelayanan promotif dan preventif pada masa kehamilan, namun partisipasi ibu hamil dalam mengikuti kelas ibu hamil masih rendah. Partispasi untuk meningkatkan kepuasan dapat dilakukan melalui Interprofessional Cpllaboration dalam pelayanan kesehatan. Kolaborasi yang efektif dapat dibentuk melalui interprofessional education. ini adalah untuk melihat analisis penerapan praktek interprofessional education terhadap tingkat kepuasan ibu yang mengikuti kelas ibu hamil. Desain penelitiannya ini yaitu quasy experimental dengan rancangan pre-tes dan post-test control group desain. Penelitian dilakukan di Puskesmas Kabupaten OKI dari Bulan Desember s.d Mei 2022. Yang melibatkan 3 profesi kesehatan yaitu bidan, ahli gizzi dan dokter dalam IPE. Populasi adalah seluruh ibu hamil yang mengikuti kelas ibu hamil sebanyak 76 orang. Terdiri dari 38 ibu hamil control dan 38 ibu hamil intervensi. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. Tingkat kepuasan diukur dengan melakukan wawancara langsung kepada responden. Analisa data menggunakan uji t. menunjukan terdapat perbedaan yang bermakna antara tingkat kepuasan ibu yang mengikuti kelas ibu hamil sebelim dan sesudah penerapan praktik interprofessional educatin pada kelompok intervensi dan terdapat perbedaan yang bermakna tingkat kepuasan ibu yang mengikuti kelas ibu hamil pada kelompok control dan kelompok intervensi dengan pvalua 0,000 (p,0,05). penelitian ini terdapat pengaruh penerapan praktek interprofessional education terhadap tingkat kepuasan ibu yang mengikuti kelas ibu hamil. Disarankan kepada tenaga kesehatan untuk mendapatkan IPE dalam pelaksanaan kelas ibu hamil.Downloads
Published
2023-02-07
How to Cite
Riski, M. ., Lubis, S. ., Arif, A. ., & Aisyah, S. . (2023). Analisis Penerapan Praktik Interprofesional Education Terhadap Kepuasan Ibu Yang Mengikuti Kelas Ibu Hamil di PUSKESMAS. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5830–5837. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.12153
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Merisa Riski, Sunarti Lubis, Ahmad Arif, Siti Aisyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).