Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Beajar Siswa pada Subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh dKelas V SD Negeri 122345 Pematangsiantar

Authors

  • Ika Lestari Siahaan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Rio Parsaoran Napitupulu Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Yanti Arasi Sidabutar Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9103

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Hasil belajar siswa pada Subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning di kelas V SD Negeri 122345 Pematangsiantar, 2) Pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada Subtema 2 kelas V di SD Negeri 122345 Pematangsiantar. Penelitian ini merupakan penelitian jenis kuantitatif dengan menggunakan desain True Experimental tipe Pretest-Posttest Control Group. Variabel bebas dalam penelitian dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Discovery Learning sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar kelas V. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 122345 Pematangsiantar yang berjumlah 28 siswa. Sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas V dengan jumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes dalam bentuk pilihan ganda dan observasi. Hasil perhitungan uji-t yang telah dilakukan di kelas V maka didapatkan  memperoleh nilai 2,048 dan adalah 11,380 sehingga hasilnya  yang artinya diterima dan  ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada Subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh di Kelas V SD Negeri 122345 Pematangsiantar.

Downloads

Published

2022-11-19

How to Cite

Siahaan, I. L. ., Napitupulu, R. P. ., & Sidabutar, Y. A. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Beajar Siswa pada Subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh dKelas V SD Negeri 122345 Pematangsiantar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 5170–5181. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9103

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>