Program Gerakan Literasi Digital Siswa pada Masa Pandemi Covid-19 di SD Negeri
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9088Abstract
Dunia pendidikan di masa pandemi COVID-19 diharuskan melakukan pembelajaran daring. Pembelajaran ini membutuhkan teknologi digital. Kenyamanan digital membuat budaya membaca buku bergeser menjadi budaya menonton. Sehingga minat siswa terhadap budaya baca rendah. Studi ini bertujuan untuk menggambarkan pelaksanaan program pengurangan hambatan untuk pelaksanaan gerakan buta aksara siswa selama pandemi COVID-19 di sekolah dasar umum. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Mata pelajaran penelitian ini banyak guru dan siswanya. Mengumpulkan data menggunakan interviews and observation. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil dari studi ini menunjukkan bahwa sekolah dasar telah menerapkan program gerakan buta huruf digital selama masa pandemi Covid-19 dengan bantuan teknologi meskipun masih belum optimal. Proses pembelajaran siswa menggunakan whatsapp group, google classroom melakukan literasi digital. Hal ini dibuktikan dengan kebiasaan siswa membaca 15 menit sebelum memulai pelajaran. Siswa dapat mengakses materi yang diberikan oleh guru dalam bentuk PPT dan Video Pembelajaran. Namun dalam proses pembelajaran dengan menggunakan literasi digital, siswa terkendala oleh keterbatasan sarana dan prasarana seperti jaringan internet dan gadget. Hal ini membuat siswa kurang antusias dalam menjawab pertanyaan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan program gerakan literasi digital sudah dilaksanakan, meskipun dalam pelaksanaannya terdapat kendala terutama jaringan internet yang terkadang kurang mendukung.Downloads
Published
2022-11-19
How to Cite
Ratnasari, D. ., Hidayati, D. ., Septiana, M. ., & Rauf, A. S. . (2022). Program Gerakan Literasi Digital Siswa pada Masa Pandemi Covid-19 di SD Negeri. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 5067–5075. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9088
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Desi Ratnasari, Dian Hidayati, Mita Septiana, Ahmad Saipudin Rauf
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).