Peran Teknologi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19 di SMP Swasta Muhammadiyah Kota Yogyakarta

Authors

  • Tutik Lestari Universitas Akhmad Dahlan
  • Dian Hidayati Universitas Akhmad Dahlan
  • Naning Hidayati Universitas Akhmad Dahlan
  • Zusuf Hani Saputro Universitas Akhmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9504

Abstract

Pandemi Covid-19 melanda semua negara termasuk Indonesia yang menyebabkan semua aspek kehidupan menjadi sangat sulit, begitu pula dunia pendidikan. Satuan Pendidikan harus menyiapkan manajemen pembelajaran yang tepat untuk mengambil kebijakan yang tepat, mulai dari perencanaan dengan kebijakan kurikulum dimasa pandemi yang disederhanakan, pelaksanaan pembelajaran beralih ke pembelajaran daring dengan menggunakan platform online baik synchronous atau asynchronous termasuk dalam pembayaran administrasi online, pengawasan pembelajaran juga dilaksanakan secara online dan evaluasi pembelajaran yang dengan kebijakan menurunkan standar penilaian tidak seperti dalam keadaan normal. Penelitian ini mengambil tempat di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta, dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data menggunakan wawancara, dan dokumentasi sebagai penunjang data. Pengolahan data dengan manual dan penyajian data dengan narasi. Di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta juga menerapkan berbagai kebijakan dan penerapan Teknologi Pendidikan akan sangat membantu dalam pelaksanaan pembelajaran. Platform online digunakan untuk menyampaikan pembelajaran kepada siswa. Banyak kendala yang ditemui oleh satuan Pendidikan, tetapi kendala tersebut dapat diatasi. Pengawasan proses pembelajaran online penting sekali dilaksanakan oleh Kepala Sekolah, dengan cara ikut dalam pembelajaran online baik synchronous atau asynchronous untuk mempertahankan kualitas pembelajaran walaupun tidak bisa maksimal dapat dilaksanakan. Evaluasi pembelajaran juga menyesuaikan kondisi pandemi dengan cara menurunkan grade dalam penilaiannya dari pada saat kondisi normal.

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Lestari, T. ., Hidayati, D. ., Hidayati, N. ., & Saputro, Z. H. . (2022). Peran Teknologi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19 di SMP Swasta Muhammadiyah Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7327–7334. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9504