Peran Teknologi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19 di SMP Swasta Muhammadiyah Kota Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9504Abstract
Pandemi Covid-19 melanda semua negara termasuk Indonesia yang menyebabkan semua aspek kehidupan menjadi sangat sulit, begitu pula dunia pendidikan. Satuan Pendidikan harus menyiapkan manajemen pembelajaran yang tepat untuk mengambil kebijakan yang tepat, mulai dari perencanaan dengan kebijakan kurikulum dimasa pandemi yang disederhanakan, pelaksanaan pembelajaran beralih ke pembelajaran daring dengan menggunakan platform online baik synchronous atau asynchronous termasuk dalam pembayaran administrasi online, pengawasan pembelajaran juga dilaksanakan secara online dan evaluasi pembelajaran yang dengan kebijakan menurunkan standar penilaian tidak seperti dalam keadaan normal. Penelitian ini mengambil tempat di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta, dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data menggunakan wawancara, dan dokumentasi sebagai penunjang data. Pengolahan data dengan manual dan penyajian data dengan narasi. Di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta juga menerapkan berbagai kebijakan dan penerapan Teknologi Pendidikan akan sangat membantu dalam pelaksanaan pembelajaran. Platform online digunakan untuk menyampaikan pembelajaran kepada siswa. Banyak kendala yang ditemui oleh satuan Pendidikan, tetapi kendala tersebut dapat diatasi. Pengawasan proses pembelajaran online penting sekali dilaksanakan oleh Kepala Sekolah, dengan cara ikut dalam pembelajaran online baik synchronous atau asynchronous untuk mempertahankan kualitas pembelajaran walaupun tidak bisa maksimal dapat dilaksanakan. Evaluasi pembelajaran juga menyesuaikan kondisi pandemi dengan cara menurunkan grade dalam penilaiannya dari pada saat kondisi normal.Downloads
Published
2022-11-30
How to Cite
Lestari, T. ., Hidayati, D. ., Hidayati, N. ., & Saputro, Z. H. . (2022). Peran Teknologi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19 di SMP Swasta Muhammadiyah Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7327–7334. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9504
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Tutik Lestari, Dian Hidayati, Naning Hidayati, Zusuf Hani Saputro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).