Digital Library : Upaya Mewujudkan Perpustakaan Sekolah Berbasis Teknologi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11719Abstract
Penerapan ICT (Information and Communication Technology) saat ini sudah meluas hampir di semua bidang salah satunya pengembangan sistem informasi manajemen di perpustakaan sekolah. Perpustakaan sekolah wajib mengembangkan teknologi informasi untuk mencapai tujuan pembelajarannya dengan mengembangkan perpustakaan digital yang berbasis teknologi di sekolah-sekolah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui upaya dalam mewujudkan perpustakaan sekolah berbasis teknologi melalui perpustakaan digital (digital library). Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif dimana pencarian informasi sumber dan pengumpulan datanya dilakukan dengan metode observasi, wawancara semistruktur, dan dokumentasi. Berdasarkan wawancara yang dilakukan dengan pengelola perpustakaan di SMA Negeri 1 Berau, dapat disimpulkan bahwa untuk mewujudkan perpustakaan digital (digital library) diawali pada proses pengelolaan perpustakaan itu sendiri. Pengelolaan perpustakaan menjadi digital bermula dari perencanaan perpustakaan digital, pendanaan dalam penganggaran perpustakaan digital, pengelolaan koleksi digital, pengelolaan sumber daya manusia, pemantauan dan evaluasi kinerja, hingga analisis hambatan dalam pengelolaan perpustakaan digital serta upaya untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut.Downloads
Published
2023-01-18
How to Cite
Damayanti, D. L. . ., Hidayati, D. ., & Mandasari, O. . (2023). Digital Library : Upaya Mewujudkan Perpustakaan Sekolah Berbasis Teknologi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 4487–4496. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11719
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Deasy Lisa Damayanti, Dian Hidayati, Okki Mandasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).