Kesiapan Guru terhadap Pembelajaran Berbasis Teknologi

Authors

  • Ermi Wahyuni Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  • Dian Hidayati Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  • Romanto Romanto Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10231

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan baru terkait implementasi kesiapan pendidik dalam proses pembelajaran berbasis digital, dimana generasi yang dihadapi adalah generasi milenial yang terbiasa dengan penggunaan teknologi informasi. Penelitian ini menggunakan metode literature review. Metode ini digunakan untuk mencari jawaban dari pertanyaan penelitian dengan menggunakan pencarian literatur. Dalam pengumpulan data menggunakan buku, artikel maupun literatur-literatur lainnya baik skala nasional maupun internasional. Metode yang digunakan adalah content analysis atau analisis isi jurnal. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis teknologi memiliki efektivitas, efisiensi dan daya tarik yang mampu menarik siswa dalam proses pembelajaran dan berdampak pada peningkatan mutu pendidikan. Pembelajaran berbasis teknologi ini pada umumnya menggunakan media internet dengan memanfaatkan berbagai aplikasi seperti Whatsapp, Google Classroom, Zoom cloud meeting, Edmodo, Google drive, Moodle dan lain lain. Namun para guru banyak yang masih gagap dalam penggunaan teknologi tersebut. Oleh sebab itu perlu berbagai upaya dalam meningkatkan kompetensi guru agar memiliki kesiapan dalam melaksanakan pembelajaran berbasis teknologi, sehingga tidak terjadi kesenjangan antara guru dan peserta didik.

Downloads

Published

2022-12-14

How to Cite

Wahyuni, E. ., Hidayati, D. ., & Romanto, R. (2022). Kesiapan Guru terhadap Pembelajaran Berbasis Teknologi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 11238–11247. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10231