Kesiapan Guru terhadap Pembelajaran Berbasis Teknologi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10231Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan baru terkait implementasi kesiapan pendidik dalam proses pembelajaran berbasis digital, dimana generasi yang dihadapi adalah generasi milenial yang terbiasa dengan penggunaan teknologi informasi. Penelitian ini menggunakan metode literature review. Metode ini digunakan untuk mencari jawaban dari pertanyaan penelitian dengan menggunakan pencarian literatur. Dalam pengumpulan data menggunakan buku, artikel maupun literatur-literatur lainnya baik skala nasional maupun internasional. Metode yang digunakan adalah content analysis atau analisis isi jurnal. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis teknologi memiliki efektivitas, efisiensi dan daya tarik yang mampu menarik siswa dalam proses pembelajaran dan berdampak pada peningkatan mutu pendidikan. Pembelajaran berbasis teknologi ini pada umumnya menggunakan media internet dengan memanfaatkan berbagai aplikasi seperti Whatsapp, Google Classroom, Zoom cloud meeting, Edmodo, Google drive, Moodle dan lain lain. Namun para guru banyak yang masih gagap dalam penggunaan teknologi tersebut. Oleh sebab itu perlu berbagai upaya dalam meningkatkan kompetensi guru agar memiliki kesiapan dalam melaksanakan pembelajaran berbasis teknologi, sehingga tidak terjadi kesenjangan antara guru dan peserta didik.Downloads
Published
2022-12-14
How to Cite
Wahyuni, E. ., Hidayati, D. ., & Romanto, R. (2022). Kesiapan Guru terhadap Pembelajaran Berbasis Teknologi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 11238–11247. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10231
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ermi Wahyuni, Dian Hidayati, Romanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).