Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SDN 307 Panglion Kecamatan Rembon Kabupaten Tana Toraja

Authors

  • Junita Tandirenggo Program Pascasarjana Universitas Kristen Indonesia
  • Bernadetha Nadeak Universitas Kristen Indonesia
  • Lisa G. Kailola Universitas Kristen Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9052

Abstract

Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa  kelas IV SDN 307 Panglion.penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif dan jenis penelitian  menggunakan ex post facto. populasi penelitian ini adalah  semua siswa kelas IV SDN 307 Panglion. Sampel penelitian ini sebanyak 13 responden. Pengumpulan data ini dilakukan dengan cara meyebarkan angket kepada orangtua siswa. Analisis menggunakan uji korelasi product moment,uji normalitas, uji linearitas  dan uji regresi linear sederhana.Instrument yang digunakan dalam proses penelitian yaitu menggunakan angket untuk memperoleh data tentang lingkungan keluarga dan nilai raport untuk mengetahui prestasi belajar siswa belajar. Analisis data pengujian untuk menguji hipotesis digunakan rumus anlisis regresi linear sederhana. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa r hitung > r tabel yaitu 0,837  > 0,553 Berdasarkan hasil penelitian  dapat disimpulkan bahwa Ada pengaruh antara lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SDN 307 Panglion Kecamatan Rembon Kabupataen Tana Toraja.  

Downloads

Published

2022-11-18

How to Cite

Tandirenggo, J., Nadeak, B. ., & Kailola, L. G. . (2022). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SDN 307 Panglion Kecamatan Rembon Kabupaten Tana Toraja. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 4993–4998. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9052

Most read articles by the same author(s)